2643
Hits

SDM Handal Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Administrator
21 May 2014
Layanan Info Publik

 

"Misalnya air bersih dengan melakukan pengolahan air limbah payau, pangan dengan melakukan diversifikasi pangan non beras, dan energi dengan mendorong pemanfaatan energi terbarukan melalui biomassa, biofuel, dan pemanfaatan geotermal, serta sumber energi terbarukan lainnya," kata Marzan.

Marzan menegaskan bahwa semua pengembangan teknologi itu harus dilakukan secara simultan. "Negara Indonesia adalah negara yang besar, maka perlu melakukan pengembangan teknologi untuk menjadi solusi dari setiap permasalahan. Untuk melakukan pengembangan teknologi tersebut, BPPT juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terkait," kata Marzan, saat diwawancarai salah satu media nasional, (19/5).

Marzan menambahkan, isu air bersih kedepan akan menjadi sangat penting. Menurutnya, sebenarnya Indonesia memiliki potensi sumber daya air yang mencukupi, tapi masalahnya adalah kita belum memiliki pengelolaan sumber daya air yang optimal.

"Kalau kita menggunakan teknologi yang dikoordinasikan dengan kebijakan yang baik serta didukung oleh tanggung jawab dari masyarakat, maka saya yakin masalah air bersih bisa diselesaikan," ujarnya.

Marzan juga menyampaikan, untuk masalah pangan seperti kekurangan kedelai. Yang perlu dilakukan adalah dengan menyadarkan masyarakat mengenai potensi bahan baku pangan lain yang mampu menggantikan kedelai.

"Sementara, di bidang energi saat ini kita tidak bisa lagi menganggap energi BBM fosil selalu tersedia, karena kita sudah memasuki era penggunaan energi yang lebih efisien. Mudah-mudahan dengan penggunaan biofuel semakin meningkat untuk mengurangi pemakaian BBM fosil," ungkap Marzan.

Marzan menyakini kedepannya bangsa Indonesia bisa menjadi orang-orang yang mandiri dengan memaksimalkan pengembangan dan penggunaan teknologi. "Yang perlu dipersiapkan oleh para generasi muda adalah rasa tanggung jawab dan disiplin, caranya dengan memperbaiki sistem pendidikan dan kebudayaannya. " tegasnya.

Oleh karena itu, Kepala BPPT mengungkapkan bahwa kunci kekuatan Indonesia adalah peningkatan kapasitas sumberdaya manusia."Negara yang mampu mengembangkan sumberdaya manusia yang baik akan jadi negara yang kuat," pungkasnya. (tw/SYRA/Humas)