3578
Hits

Siaga Bencana Asap, BPPT Laksanakan Operasi Hujan Buatan di Sumatera Selatan

 

"Upaya siaga atau pencegahan ini lebih baik ketimbang hujan buatan baru dilakukan kalau bencana asap sudah dalam tahap darurat. Seperti tahun sebelumnya waktu asap sampai mengganggu negara tetangga, baru teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan ini dilaksanakan. Meski kala itu hotspot berhasil dikurangi, namun alangkah baik TMC ini dipakai sebelum bencana asap meluas. Intinya upaya pencegahan ini lebih efektif dalam rangka mitigasi dan reduksi bencana asap," papar Wimpie dalam sambutannya di depan peserta apel siaga.

 

Wimpie menuturkan TMC dengan dilakukannya operasi TMC lebih awal ini sangat berguna untuk membasahi lahan. "Jadi dengan turunnya air hujan, maka lahan gambut akan basah dan sangat bermanfaat untuk mereduksi bencana asap," jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Direktur  Bantuan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Eko Budiman yang juga selaku pimpinan upacara mengutarakan bahwa kegiatan apel ini diselenggarakan sebagai langkah antisipasi bencana asap yang berulang tiap tahunnya. "Kedepan seiring kemajuan teknologi, bencana asap seharusnya tidak berulang," ungkapnya.

 

Eko lebih lanjut meminta agar berbagai upaya dikerahkan mulai dari optimaliasi operasi di darat, hujan buatan sampai water bombing. "Dengan dipadukannya ketiga metode tersebut, maka penanganan bencana asap akan lebih efektif. Yang terpenting adalah koordinasi antar petugas di lapangan. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat dan penegakan hukum juga harus ditingkatkan," pungkasnya. (Humas/HMP)