3511
Hits

Siapkan Kurikulum Berbasis Inovasi, KEMDIKBUD Kunjungi Fasilitas BPPT

Administrator
08 Aug 2017
Layanan Info Publik



Menurut Awaluddin Tjalla, Kepala Puskurbuk Kemdikbud, kedatangan ke laboratorium BPPT di PUSPIPTEK, Serpong ini sudah sangat tepat karena target dari pengembangan kurikulum nanti mengarah pada bidang-bidang yang spesifik sesuai kebutuhan dunia kerja atau industri.

 

"Kita ingin mendekatkan anak-anak didik ke objek sebenarnya, misalkan dalam pembuatan pembuatan kapal, ya kita kenalkan keseluruhannya. Makanya nanti dalam pengembangan kurikulum kedepan, kita akan lebih kepada model-model pembelajaran visualisasi. Terlebih lagi bagi para guru, tidak mungkin mengajarkan tanpa mengenal apa yang diajarkan", terangnya di sela-sela kunjungan.

 

Ditambahkan Awal, dalam kurikulum juga nanti akan diperkenalkan tentang proses panjang munculnya sebuah inovasi teknologi. "Kita ingin anak-anak menjadi terinspirasi. Dengan mengetahui sebuah proses inovasi teknologi ditemukan, mereka akan mempunyai mimpi. Ini kan jadi pendidikan juga buat anak", ucapnya.

 

Deputi BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa, Wahyu W Pandoe yang menerima langsung kunjungan tersebut juga mengatakan hal serupa. Dikatakannya, mengenalkan inovasi teknologi kepada anak-anak sejak pendidikan dasar hingga menengah dapat menumbuhkan rasa ketertarikan anak terhadap teknologi.

 

"Kami mendukung sekali adanya pendekatan seperti ini kepada anak-anak didik. Jadi langsung kepada objek sebenarnya. Ini salah satu bentuk dukungan teknologi bagi dunia pendidikan Indonesia", pungkas Wahyu. (humas/HMP)