2798
Hits

Sinergi Teknologi Dalam Mengurangi Resiko Bencana

 

 

Tema teknologi kebencanaan pada sesi ini adalah manajemen data dan informasi dalam pengurangan risiko bencana. Tema ini mencakup bahasan kebijakan dalam rangka mendorong dan meningkatkan inovasi teknologi dan pembangunan berbasis mitigasi bencana untuk mendukung penyelamatan investasi dan melestarikan upaya pembangunan berkelanjutan.

 

Sementara itu Deputi Bidang TPSA BPPT Hamam Riza menjelaskan mengenai re-lounching NeoNet BPPT, dengan kehadiran kembali Neo Net dalam pengembangan teknologi yang ada di BPPT.

 

Dengan kehadiran tersebut menurut Hammam diharapkan dapat memberikan manfaat serta kontribusinya kepada bangsa Indonesia khususnya dalam bidang teknologi kebumian dan khususnya penerapan teknologi kebencanaan melalui sistem yang telah dikembangkan oleh NeoNet.

 

Sementara Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail yang menjabarkan mengenai PPDR (Public Protection Disaster Relief) atau yang biasa dikenal dengan komunikasi radio yang berhubungan dengan masyarakat umum untuk memberikan informasi pra-bencana dan saat bencana berlangsung, tahapan proses pengembangan PPDR, model operasi PPDR, dan isu-isu dalam persiapan PPDR.

 

Dikatakan Ismail, point  yang menjadi catatan penting adalah masih minimnya early warning system dan sistem komunikasi serta informasi yang belum terintegrasi dengan baik, oleh karena itu perlunya kontribusi dan peranan BPPT dalam hal pengembangan sistem tersebut secara maksimal.  Ismail juga mengapresiasi acara ini dan berharap tujuan acara ini dapat meghilangkan ego sektoral yang selama ini terjadi agar PPDR ini dapat terkoordinasi dengan baik, tutup Ismail.

Acara ini dihadiri juga Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala, dan Senior Advisor Fujitsu Japan. Noritake Nishide. (Humas/HMP)