7811
Hits

SOSIALISASI FASILITAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BIODIESEL BRDST-BPPT

Berkaitan dengan hal tersebut pada 24 Maret 2009 bertempat di Kantor BRDST kawasan Puspiptek Serpong telah dilaksanakan Sosialisasi Fasilitas Penelitian dan Pengembangan Biodiesel atau Syukuran Kantor baru BRDST yang sebelumya berada di lantai 6 Gedung I BPPT.

Sosialisasi ini diresmikan oleh Kepala BPPT Marzan A. Iskandar dan dihadiri oleh para Deputi, pejabat di lingkungan BPPT, Kepala Puspiptek, Camat dan Lurah setempat, Pemda, Polsek dan Koramil, Akademisi Pasca Sarjana IPB dan undangan lainnnya. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala BRDST Soni Solistia W dilanjutkan dengan sambutan Kepala Puspiptek yang mengharapkan kerjasama yang sinergi di kawasan Puspiptek Serpong.

Kepala BPPT dalam sambutannya mengatakan sejalan dengan perkembangannya di Indonesia bahan bakar biodiesel, BPPT memperkenalkan bahan bakar biodiesel ini untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif selain minyak bumi. Kepala BPPT juga mengharapkan agar BRDST dapat memberikan pelayanan atau jasa-jasa dalam bidang enjiniring kepada masyarakat.

Acara diakhiri dengan kunjungan ke Pilot Plant biodiesel berkapasitas 1 dan 3 ton/hari, laboratorium uji produk biodiesel dan software/hardware untuk rekayasa rancang bangun suatu pabrik, baik dari sisi desain proses maupun desain manufaktur peralatannya. Dengan fasilitas tersebut BRDST akan mampu melakukan kegiatan pengembangan enjiniring pabrik (termasuk pabrik biodiesel) secara terintegrasi mulai dari desain konseptual, desain detail hingga pengujian sifat fisika kimia produknya agar memenuhi standar SNI. Sedangkan pengembangan terkait lainnya mulai dari bahan baku, pengelolaan limbah, hingga pengujian produk biodieselnya BRDST bekerjasama dengan unit kerja lain baik di lingkungan BPPT maupun dengan instansi lain diluar BPPT. (TR/humas)