2808
Hits

Tingkatan SDM Yang Kompetitif, BPPT – ITB Sepakat Jalin Kerja Sama

Administrator
28 May 2021
Layanan Info Publik

 

Guna meningkatkan pelaksanaan program dan pembangunan nasional di bidang riset dan teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Program Pendidikan Magister Berbasis Riset (MBR) dan Doktor Kemitraan, di Bandung (28/05).

 

Kepala BPPT Hammam Riza menuturkan, sesuai dengan amanat UU SISNAS IPTEK, yaitu hasil Litbangjirap harus menjadi landasan ilmiah dalam pembangunan nasional. Untuk itu, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan langkah penting dalam melakukan terobosan riset dan inovasi.

 

BPPT menurutnya, terus berusaha melaksanakan delapan bidang fokus teknologi dan implementasi P3DN semaksimal mungkin. Sehingga bukan hanya menguasai teknologi dan menghasilkan inovasi, tetapi turut menjamin keberhasilan penerapannya. Karenanya, BPPT melakukan penandatanganan kerjasama dengan ITB tentang program pendidikan Magister Berbasis Riset dan Doktor Kemitraan, ujarnya.

 

Hammam berharap, dalam setiap fokus bidang teknologi akan ada SDM yang berhasil lulus sebagai Doktor dibidang tersebut. Sehingga inovasi yang dihasilkan BPPT akan semakin diperkuat dan dapat berjalan berkelanjutan. Selain itu, ITB diharapkan dapat menjadi motor penggerak dari delapan fokus bidang BPPT.

 

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama ini, merupakan langkah tepat dalam menghasilkan sumber daya yang kompetitif, unggul serta mampu menghela pertumbuhan ekonomi negara menjadi lebih maju, adil dan makmur, pungkasnya.

 

Senada dengan Kepala BPPT, Dekan Pascasarjana ITB Suprijadi sangat mendukung sinergi pendidikan dan inovasi, sesuai dengan misi dan kepakaran dalam melakukan inovasi bagi kepentingan masyarakat melalui beberapa pusat unggulan yang ada seperti bidang mitigasi, bidang pangan dan lain sebagainya.

 

Ini merupakan langkah tepat melalui sinergi guna mendorong SDM BPPT dalam menghasilkan inovasi yang langsung dapat di terapkan, jelasnya.

 

Sebagai informasi, saat ini BPPT sedang melaksanakan program Pendidikan Magister dan Doktor Berbasis Riset yang dikoordinasikan oleh Pusat Pembinaan, Pembinaan, dan Pelatihan BPPT. Melalui progam ini para Perekayasa dan Peneliti BPPT dapat melanjutkan studinya di berbagai universitas yang telah bekerja sama dan tetap fokus terhadap inovasi yang sedang dikembangkan. Beberapa perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan BPPT antara lain ITB, ITS, UNPAD, IPB, dan UNDIP. (Humas BPPT)