4148
Hits

Tingkatkan Daya Saing Daerah dengan Pemanfaatan Teknologi

 

"Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan daya saing dan menarik investasi, serta memberi nilai tambah inovatif produk dari suatu daerah," kata Bambang di acara Penandatanganan Nota Kerja Sama (MoU) antara BPPT dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci tentang pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah, di Puspiptek, Serpong, Tangerang, (9/5).

Bambang menyampaikan, peningkatan daya saing daerah ini juga dilakukan dalam rangka mencapai pendapatan perkapita yang jauh lebih tinggi dibanding yang sebelumnya, karena itu merupakan indikasi dari kesuksesan pengembangan ekonomi di daerah.

"Parameter dalam peningkatan daya saing terdiri dari tiga faktor. Pertama, melakukan inovasi secara menyeluruh dan sistemik. Kedua, keberadaan tingkat pendidikan yang tinggi. Dan, ketiga, tentang kesiapan teknologi," ungkap Bambang.

Sementara menurut Bupati Kerinci Adirozal, segala potensi daerah tidak mungkin bisa mensejahterakan jika tidak dikelola tanpa menggunakan teknologi. Apalagi di Kerinci tidak ada perguruan tinggi yang mengkaji bidang teknologi. Hal inilah yang mendasari Pemerintah Kabupaten Kerinci menjalin kerja sama dengan BPPT.

"Bagaimana nantinya kita bisa meningkatkan nilai tambah pertanian seperti kentang, cabai, tomat, kubis dan bawang. Tanpa teknologi kita bisa kalah dari Thailand. Kami sepakat dengan komitmen kerjasama ini dan mendukung kegiatan yang dilakukan agar bisa mengembangkan potensi daerah, kapasitas masyarakat, dan lembaga daerah melalui pengkajian penerapan dan pemasyarakatan teknologi," kata Adirozal.

Sebagai informasi, di acara ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPPT dengan Kabupaten Buleleng, Bali, di bidang TIK dan e-government. 

Bambang menyampaikan, Pemkab Kerinci juga diharapkan mengembangkan e-government agar di lingkungan pemerintah daerah bisa saling terhubung melalui internet. Saat ini, sudah ada lebih dari 50 daerah yang bekerja sama dengan BPPT dalam pengembangan TIK dan e-government.

"Sekarang kita hidup di era yang mengandalkan TIK. Melalui jaringan internet kita bisa berhubungan ke dalam negeri bahkan ke luar negeri tanpa perlu menunggu infrastruktur jalan selesai dilakukan," tutup Bambang. (as/tw/SYRA/Humas)