1552
Hits

Tingkatkan Peran Inovasi Dalam Pembangunan Nasional

Administrator
08 Nov 2020
Layanan Info Publik

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), DPRD Kota Malang bersama mitra kerja Komisi VII DPR RI terus digeber menggelar sosialisasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Ex Vitro dan Penyerahan Bantuan Alat Hidroponik serta Bantuan Emergency Ventilator oleh BPPT, Malang (11/20).

 

Koordinator Bagian Kerja Sama BPPT Novandi Arisoni mengatakan BPPT terus berupaya untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai bidang serta berperan dalam pembangunan nasional tentunya hal tersebut tidak terlepas dari dukungan DPR khususnya Komisi VII DPR-RI dalam kebijakan program maupun penganggarannya.

 

Sementara, Aggota Komisi VII DPR Ridwan Hisjam mengapresiasi sebesar-besarnya kepada BPPT atas inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan selama ini.  BPPT harus terus mengembangkan dan menerapankan teknologi-teknologi yang dihasilkan untuk masyarakat luas, seperti pengembangan teknologi hidroponik untuk berbagai komoditas tanaman hortikultura khususnya pada saat masa pandemi seperti sekarang dimana semua aktifitas masyarakat lebih banyak dilakukan di rumah.

 

Selain itu BPPT melalui Balai Bioteknologi juga memberikan pelatihan perbanyakan tanaman secara ex-vitro kepada masyarakat Malang Raya, Teknologi ex Vitro adalah teknologi perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan menggunakan bagian tanaman yang pertumbuhannya cepat (juvenile) dan menggunakan formula nutrisi tertentu dengan menggunakan bagian tanaman (eksplan) yang mempunyai fase pertumbuhan cepat.

 

Diharapkan masyarakat kota Malang dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk peningkatan ekonomi dan pengetahuan, sekaligus memberikan bantuan berupa bibit tanaman kopi dan jahe merah.

 

Sebagai informasi, dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama dan serah terima 1 (satu) unit emergency ventilator untuk menunjang penanganan Covid-19 di RSUD Kota Malang serta penyerahan peralatan hidroponik, milk can, dan pelatihan perbanyakan tanaman secara ex-vitro untuk masyarakat Malang Raya. (Humas BPPT)