1286
Hits

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kemandiran Teknologi Melalui Pengembangan Teknologi Panas Bumi

BPPT telah mengembangkan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) skala kecil dengan TKDN tinggi yakni melalui prototipe pilot plant PLTP Kondensing 3 MW. "Proof of Concept" tersebut telah berhasil melalui uji operasi pada kondisi operasi sebenarnya, hingga dapat memenuhi persyaratan teknis uji Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari PT PLN.

 

Disampaikan Deputi Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT Eniya Listiani Dewi saat rapat koordinsai tentang Strategi Komersialisasi Produk Inovasi Bidang Industri Manufaktur: Membangun Ekosistem Industri PLTP Untuk Untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kemandirian Teknologi Nasional. (17/11).

 

Lebih lanjut dikatakan, pada tahapan berikutnya diharapkan terjadi proses transfer teknologi dari BPPT kepada industri yang akan memegang lisensi PLTP skala kecil dan juga sudah terbentuk model bisnisnya, karena diharapkan PLTP ini menjadi layak secara komersial.

 

Selain itu, Eniya juga menyampaikan tujuan dan rencana program prioritas nasional flagship PLTP skala kecil serta konsep konsorsium nasional industri pemanfaatan energi panas bumi untuk mendukung tercapainya target program Flagship tersebut.

 

Sementara, Ida Nuryatin Finahari Direktorat Panas Bumi yang mewakili Ditjen ESDM, mengatakan, seperti diketahui Indonesia memiliki potensi luar biasa banyak terutama sumber daya panas bumi dan kedepannya bisa dikelola guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memperkuat kemandirian teknologi nasional.

 

Untuk proyek berskala kecil lainnya yang akan dikembangkan bersama, khususnya dibawah 10 Megawatt, proyek-proyek tersebut dapat meningkatkan industri manufaktur  khususnya di dalam negeri, ujarnya.

 

Diharapkan pada rapat koordinasi ini menghasilkan kesepakatan guna mendukung pelaksanaan Program Prioritas Nasional Flagship PLTP TKDN Tinggi yakni melalui pembentukan Konsorsium Industri PLTP Nasional sebagai wahana dalam komersialisasi teknologi PLTP Skala Kecil Nasional dengan TKDN tinggi. (Humas BPPT)