2631
Hits

Tingkatkan Produktivitas Petani, BPPT Gelar Diseminasi Teknologi

 

 

Guna meningkatkan produktivitas lada Bangka, ketersediaan benih lada yang cukup dengan kualitas baik menjadi salah satu faktor utama  yang harus terpenuhi. Upaya penyediaan benih lada berkualitas dalam jumah yang mencukupi serta upaya budidaya tanaman lada yang lebih baik menjadi pilihan utama untuk mendukung peningkatan produktivitas tanaman Lada.

 

Terkait hal tersebut, BPPT melalui Balai Bioteknologi kembali  menyelenggarakan kegiatan diseminasi teknologi yang bermitra dengan Komisi VII DPR RI untuk mendorong kemandirian dan peningkatan ekonomi petani di Indonesia.

 

Kegiatan diseminasi teknologi ini adalah perbanyakan tanaman lada secara ex vitro yang di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung hari ini. 

 

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan mengatakan, BPPT dengan dukungan Komisi VII DPR RI, terus berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan layanan teknologi untuk masyarakat, salah satunya melalui  kegiatan diseminasi teknologi perbanyakan  tenaman ini dan melalui kegiatan diseminasi teknologi ini.

 

Soni berharap, inovasi teknologi hasil pengembangan perekayasa Balai Bioteknologi BPPT dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh petani di Kabupaten Bangka serta  mendorong tumbuh dan meningkatnya produktivitas petani menjadi sejahtera. Semoga acara ini memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat, ujar Soni.

 

Sementara, anggota komisi VII DPR RI Melda Addriani mengucapkan terima kasih serta memberikan dukungan sepenuhnya kepada BPPT. Melda juga berharap dengan adanya diseminasi ini, dapat memberikan manfaat yang baik bagi seluruh masyarakat dan petani lada untuk meningkatkan panen lada di Sungailiat ini

 

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman menjelaskan keberhasilan budidaya lada berasal dari bibitnya. Menurutnya, melalui kerja sama dengan BPPT ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Sungailiat untuk menghasilkan lada yang baik.

 

Kemas juga mengaperesiasi kegiatan diseminasi, diharapkan dengan pendampingan dari BPPT ini para petani lada tetap semangat dan memanfaatkan teknologi yang ada, tutupnya.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 100 petani juga dihadiri Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo. Di kegiatan tersebut juga diadakan pelatihan teknis materi dan praktek serta pemberian bibit tanaman lada sebanyak 1000 buah. (Humas/HMP)