4375
Hits

TMC ANTISIPASI KETERSEDIAAN AIR WADUK PLTA KOTA PANJANG DAN DANAU PLTA SINGKARAK

 

Untuk mengatasi krisis tersebut, PT PLN (Persero) bekerjasama dengan BPPT bermitra dengan Pemda Riau, Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) serta Angkasa Pura mengupayakan pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menjaga ketersediaan air di Waduk PLTA Kota Panjang dan Danau PLTA Singkarak menghadapi musim kemarau tahun 2013.

Pembukaan Kegiatan Jasa TMC di Waduk PLTA Kota Panjang dan Danau PLTA Singkarak (8/4) dihadiri oleh Kepala UPT Hujan Buatan, F. Heru Widodo serta pihak manajemen PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara.

Dalam sambutan pembukaannya, Manager Engineering PT PLN (Persero) Pembangkit Sumatera Bagian Utara,  Joko Supriatno menyampaikan bahwa kegiatan TMC ini merupakan solusi yang ramah lingkungan dan low cost menginggat bahwa pasokan listrik yang berasal dari PLTA tidak menghasilkan polusi dibandingkan pasokan listrik yang berasal dari batubara dan BBM. Energi listrik yang dibangkitkan oleh PLTA juga berbiaya jauh lebih rendah daripada pembangkit yang lain. Untuk tahun 2013, TMC direncanakan akan dilakukan selama 70 hari.

Pelaksanaan kegiatan TMC ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mendorong laju pembangunan karena listrik berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, dan menunjang roda perekonomian. (WKW/EM/upthb/humas)