4576
Hits

TMC BPPT TERUS BERUPAYA KURANGI CURAH HUJAN JABODETABEK (VI)

Menanggapi derasnya hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta, Seto menyatakan bahwa pihaknya telah berupaya sekuat tenaga untuk melakukan antisipasi. “Hari ini  kami lakukan penyemaian sebanyak empat sorti penerbangan, dua kali dengan Hercules, total 9 ton bahan semai, dan dua kali juga dengan Casa, dengan total bahan semai 2 ton, dengan ruteke arah timur, tenggara, dan selatan Jabodetabek,” tambahnya.

Selain dengan penyemaian udara,  tim juga telah membakar  18 batang flare yang dibakar di 14 lokasi dan GBG larutan dioperasikan di 5 lokasi masing2 selama 7 jam. “Diharapkan curah hujan yg masuk Jabodetabek berkurang. Konsentrasi hujan ada di Jabodetabek bagian utara (Jakarta). Sementara di selatan (Bogor) hujan tidak terlalu besar,” ungkap Tri mewakili tim di Posko TMC BPPT.

Analisis Cuaca oleh tim PRB Banjir Jakarta-BPPT

Sementara itu, tim PRB Banjir Jakarta BPPT juga telah melakukan analisis memanfaatkan pemahaman regional dengan melihat citra satelit. Aspek lokal yang mendukungnya sayang sekali sangat minim selain menggunakan Radar HARIMAU.

“Proses atmosfer yg memicu banjir tgl 6 Februari 2013 ini (suplai awan konveksi dr perairan barat Sumatra, daratan Sumatra dan Teluk Jakarta akibat akumulasi curah hujan yg bertumpuk di Jabodetabek hampir merata dalam jumlah yg besar), berbeda dengan yang terjadi pd tgl 17 Januari 2013 tempo hari (akibat seruak musim timur laut dari perairan Laut China Selatan),” ungkap Fadly Syamsuddin, Peneliti Utama BPPT, mewakili tim PRB Banjir BPPT.

Fadly juga menuturkan bahwa potensi ini sudah kita lihat bersama pada saat briefing tadi pagi dengan melihat GSMap dan MTSAT, dimana terlihat bahwa sore hari statusnya waspada. Menurutnya, cuaca hari ini tidak lebih baik dari kemarin, namun perkembangan sampai jam 13.00 siang tadi ternyata makin matang, apalagi dipicu oleh efek siklus harian dimana hujan di wilayah Bogor umumnya mulai kuat pada pukul 14.00 dan bergerak ke lowland Jakarta.

“Melihat potensi beberapa jam ke depan kita harus makin aware, karena di perairan barat Sumatra, melihat formasi awan hujan dari GSmap, maka potensi depresi cukup tinggi, itu artinya sekitar pukul 22.00 WIB  malam ini, potensi hujan lebat dari pergerakan awan hujan barat Sumatra ini, yang akan memasuki  wilayah Jakarta dari Provinsi Banten, sangat berpeluang terjadi. Hal ini (Feeding) ini akan berlangsung sampai pagi hari tgl 7 Februari 2013. (Posko TMC/TimPRB BanjirJKT/SRA/humas BPPT)