2853
Hits

Usia 42 Tahun, BPPT Terus Berinovasi Untuk Kemajuan Bangsa (II)

Administrator
24 Aug 2020
Layanan Info Publik

Seluruh permasalahan yang dihadapi bangsa ini selalu melibatkan para peneliti dan perekayasa di BPPT terutama dibidang transformasi teknologi dan transformasi digital seperti survei kelautan, isu pangan dan sebagainya, hal tersebut dikatakan Sahat Manaor Panggabean Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas yang mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi diacara HUT BPPT ke-42, Jakarta (24/08).

 

Ditambahkannya, kami sangat mengapresiasi semua prestasi yang sudah dicapai oleh BPPT terutama dalam penanganan kasus Covid-19 ini namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pasca Covid-19 ini.

 

Hal penting yang menjadi perhatian antara lain adalah isu pangan, karena negara lain pun belum tentu akan mengekspor bahan pangannya ke Indonesia dan dibidang kesehatan yang sedang dikembangkan oleh BPPT juga menjadi perhatian penting.

 

Diharapkan lembaga-lembaga penelitian dibawah Kemenristek/BRIN seperti BPPT dapat memberikan kontribusi dalam mengambil kebijakan-kebijakan ditingkat Nasional.

 

Sementara, Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Jenderal Andika Perkasa mengapresiasi keberhasilan BPPT dalam menghadirkan produk inovasi. Ia juga menyampaikan TNI AD memerlukan upaya ekstra dalam penanganan Covid-19, seperti laboratorium PCR. TNI AD saat ini mempunyai 68 rumah sakit dan baru mempunyai enam yang memiliki laboratorium PCR.

 

Ditambahkan Andika, seluruh rumah sakit kami bukannya tidak merawat pasien Covid-19 dan pasien Covid-19 yang dirawat bukan hanya prajurit atau PNS. Akan tetapi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sudah ditentukan di tiap-tiap daerah. Namun praktiknya, orang yang sakit belum tentu dia tahu bahwa dia kena Covid-19 dan selalu mencari RS terdekat sehingga seluruh rumah sakit kami pasti merawat pasien Covid-19.

 

Lanjut Andika, kemampuan untuk identifikasi melalui PCR test ini yang jauh dari sempurna, saat ini TNI AD baru punya satu yakni di RSPAD. Laboratorium kedua ini merupakan pinjaman dari BPPT yang berada di RS Ridwan Meuraksa.

 

Dikesempatan tersebut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo secara virtual menyampaikan bahwa BPPT sudah sejak lama menjadi mitra BNPB dalam memberikan kontribusi nyata penanganan bencana khususnya terkait kebakaran hutan dan lahan terutama dengan memanfaatkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

 

Dimasa pandemi pun BPPT berkontribusi membantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan melahirkan produk inovasi buatan anak bangsa yang sudah diluncurkan oleh Presiden RI pada 20 Mei 2020 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dengan produk-produk yang sudah dapat diproduksi secara massal didalam negeri,

 

“Selamat Ulang Tahun ke-42 BPPT, teruslah berinovasi sebagai solusi untuk kemajuan Indonesia”, tutup Doni. (Humas BPPT)