7654
Hits

WORKSHOP DIGITAL TELEVISION, TEKNOLOGI DAN PENGUKURAN

Workshop yang digelar pada hari Selasa, 14 April 2009 tersebut merupakan hasil kerjasama antara BPPT dan Rohde & Schwarz yang bertujuan untuk mensosialisasikan rencana Indonesia dalam migrasi dari sistem penyiaran analog ke penyiaran digital. Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan baik dari pihak industri maupun dari Depkominfo dan dari pihak BPPT sendiri.

Diharapkan workshop ini dapat memfasilitasi para pelaku industri elektronik khususnya yang bergerak dalam bidang industri penerima sistem digital televisi terestrial yang berbasis DVB-T serta para periset di lingkungan LPND, LPD , dan para akademisi dari perguruan tinggi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi teknologi digital TV yang berbasis DVB-T.

Sementara itu preview mengenai perkembangan uji coba dan status teknologi TV Digital di Indonesia dipaparkan oleh Bambang Heru Tjahjono, Staf Senior PTIK bidang Broadcasting dan New Media. ‚Rencana penerapan yang sedang dikerjakan yaitu Tahap I tahun 2013 meliputi kota-kota besar, kemudian Tahap II tahun 2015 meliputi ibukota-ibukota provinsi dan Tahap III tahun 2018 diperkirakan sudah tidak ada lagi pemakaian TV Analog. Diharapkan rencana ini bisa berjalan dengan baik, oleh karena itu memerlukan dukungan dari berbagai pihak terkait‚ ungkap Bambang dalam presentasinya.

Hock Leong Tan dari Rohde & Schwarz mempresentasikan tentang aplikasi dan teknologi TV Digital, MPEG-2 dan Practical Measurement dalam DVB-T Set Top Box. Presentasi diakhiri dengan sesi tanya jawab. Sesi terakhir dari workshop ini yaitu pelaksanaan demo pengukuran dan pengujian Set-Top Box. (RF/Humas)