3102
Hits

Wujudkan Transportasi Yang Terintegrasi, BPPT Manfaatkan Kecerdasan Artificial

Administrator
02 Oct 2020
Layanan Info Publik

 

Kecerdasan Artifisial sebagai salah satu penggoncang baru industri internet yang berusaha mereplikasi kemampuan & kecerdasan berpikir manusia ke mesin guna menyelesaikan dan mudahkan pekerjaan manusia. Intelligent Transportation System (ITS) mengacu pada penggunaan teknologi informasi, komunikasi dan sensor untuk penerapan di sektor transportasi dan rantai pasok (logistik).

 

Dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza diacara webinar dengan tema Pemanfaatan Kecerdasaan Artifisial Untuk Mendukung Konsep Transportasi Terintregrasi dan Berkesinambungan (02/10).

 

Transporasi menurut Hammam, merupakan bagian dari peradaban lingkungan smart city, revolusi peradaban tentunya tidak pernah lepas dari distrubsi teknologi yang mengantarkan kepada masyarakat cerdas, termasuk dalam memanfaatkan transportasi terintegrasi dan berkelanjutan.

 

Jika bicara tentang transportasi yang terintegrasi dan berkesinambungan berarti harus memahami rantai  nilai dalam ekosistem inovasi, ekosistem inovasi untuk transportasi yang terintegrasi dan berkesinambungan, smart mobility yang menggabungkan semua institusi didalam kerja bersama baik dari infrastruktur dan regulasi, jelasnya.

 

Kecerdasan Artificial akan berperan penting didalam upaya mencapai target efisiensi sumber daya, target untuk mengatasi perubahan-perubahan iklim bahwa teknologi itu harus ramah lingkungan, green energy, green technology dan tentu saja smart security.

 

Peran BPPT dalam hal ini Kliring, Audit Teknologi dan inovasi teknologi sangat diperlukan untuk bisa membangun sebuah ekosistem sebuah ekosistem transportasi yang terintegrasi tentu saja kecerdasaan Artificial akan membantu mengungkit intelegent transportation system yang akan mengabungkan bukan hanya AI tapi IOT, Big Data dan lain-lain, pungkasnya.

 

Sementara, Deputi Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) Wahyu Widodo Pandoe menyampaikan webinar ini dilakukan untuk capacity building dan diskusi guna membahas hal-hal yang aktual terkait dengan teknologi masa depan dibidang transportasi yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia dan masyarakat pada umumnya.

 

Diharapkan webinar ini dapat menghasilkan hal-hal yang perlu disiapkan untuk menjelang transformasi teknologi nasional yang berlandaskan kepada kecerdasan buatan dengan pencapaian tahapan-tahapan pembangunan nasional. (Humas BPPT)