Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Siapkan Website Informasi Deteksi Banjir

 

 

 

Ahmad Luthfi – Okezone

JAKARTA - Musim penghujan yang terjadi beberapa pekan belakangan ini, mengakibatkan banjir musiman pula yang terjadi di beberapa ruas jalan Jakarta. Hal ini dirasa perlu menjadi perhatian penuh, baik bagi kalangan masyarakat maupun pemerintah DKI Jakarta.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah berupaya memberikan pencerahan bagi masyarakat, melalui program deteksi banjir dini. Menurut Trihandoko Seto, Kepala Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan, BPPT kepada Okezone (17/1/2013) mengatakan, kemampuan mendeteksi ini, sejak 14 Januari 2013 sudah diumumkan melalui websiteneonet.bppt.go.id/sijampang.

"Di BPPT, kami punya teknologi, mulai deteksi banjir dini, bukan peringatan dini," ungkap Seto. Ia menjelaskan, BPPT juga memiliki teknologi seperti radar cuaca, alat pengukur hujan serta pengukur tinggi air sungai.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan teknologi modifikasi cuaca. Modifikasi cuaca ini bisa digunakan sebagai langkah agar intensitas maupun debit air tidak berlebih. Sehingga, metode tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi banjir di Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan, modifikasi cuaca yang didukung oleh Badan Penanggulangan Bencana ini akan diterapkan mulai 21 Januari 2013. "Deteksi dini banjir juga disampaikan tidak hanya di website, tetapi juga broadcast ke social media," tuturnya.

Apabila ketinggian air misalnya di bendungan Katulampa meninggi, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa banjir akan tiba di Jakarta. Sehingga, paling tidak beberapa saat sebelumnya masyarakat sudah dapat mengetahui melalui website tersebut.

Menurut Seto, topografi di Bogor memiliki curah hujan tinggi. Akan tetapi, bagaimanapun air itu akan mengalir dari hulu ke hilir, termasuk melalui area Jakarta.

"Jakarta itu ada aliran sungai Ciliwung. Itu coverage-nya meliputi Jakarta, Bekasi, Banten dan Bogor. Namun demikian, hujan tidak mengenal provinsi," terangnya. (fmh)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/01/17/55/747620/bppt-siapkan-website-informasi-deteksi-banjir

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id