5919
Hits

Arsinum BPPT Bentuk Dukungan Teknologi Tepat Guna

Administrator
28 Dec 2019
Layanan Info Publik

Dengan menggandeng Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA Madura), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan diseminasi teknologi unit pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) merupakan inovasi teknologi BPPT yang berkapasitas 5.000 liter/hari.

 

Penggunaan dan pemanfaatan instalasi Arsinum yang canggih dan modern ini, diresmikan Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman bersama Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary Achsanul Qosasi, di Sumenep, Madura, Jawa Timur (28/12), disaksikan Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT Rudi Nugroho, Rektor Uniba Madura Rachmad Hidayat serta para akademisi

 

Dikatakan Dadan, teknologi Arsinum ini merupakan hasil karya peneliti dan perekayasa dari BPPT yang juga telah diterapkan di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Dengan inovasi karya anak bangsa ini, memungkinkan untuk mengolah air tanah langsung menjadi air siap minum tanpa harus dimasak terlebih dahulu, ujarnya.

 

Penerapan fasilitas instalasi Arsinum ini menurut Dadan merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk mengembangkan dunia Pendidikan dengan menghasilkan SDM berkualitas, untuk masa depan bangsa.

 

Juga dalam rangka melaksanakan tugas pengkajian dan penerapan teknologi, yang utamanya dalam pembangunan sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi, tuturnya.

 

Dadan berharap pemasangan teknologi Arsinum ini mampu memenuhi kebutuhan air minum dan sebagai wujud dukungan BPPT terhadap teknologi tepat guna.

 

Di sisi lain, Achsanul menyampaikan terima kasih atas kehadiran Arsinum yang nantinya Arsinum tersebut akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air siap minum di kampus serta memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

 

Ia juga mengatakan sangat mendukung riset yang dilakukan BPPT agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Madura, ujarnya. (Humas/HMP)