1599
Hits

BPPT ADAKAN WORKSHOP WATER LEVEL CONTROLLING TOWARDS SUSTAINABLE PRACTICE OF OIL PALM PLANTATION

Pada kesempatan itu Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA), Ridwan Djamaluddin mengatakan jika BPPT dan Universitas Hokkaido telah bekerjasama dengan topik yang sama sebelumnya. “Kita sangat senang jika kerjasama yang dijalin bisa lebih maju dan terus bergerak ke arah yang baik hingga saling menguntungkan kedua belah pihak,” paparnya.

Sementara itu Profesor Mitsuru Osaki dari Hokkaido University mengatakan jika fokus dari workshop tersebut adalah pada pengontrolan level air pada perkebunan kelapa sawit. Dirinya mengungkapkan jika pengontrolan tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi melalui perbaikan-perbaikan lingkungan tumbuh kelapa sawit sehingga dapat memanfaatkan nutrisi hara yang dibutuhkan dengan efektif.

“Kami telah melakukan beberapa studi terkait dengan pengontrolan level air pada pohon kelapa sawit di Kalimantan Tengah, kami juga di bantu oleh JICA (Japan International Cooperation Agency) dalam melaksanakan studi ini,” ungkapnya.

Selain itu hadir juga Dr. Muhammad Evri (WHO) yang menyampaikan presentasi tentang Tentative Ideas of Water Level Controlling Towards Sustainable Practice of Oil Palm Plantation. Pada presentasinya, Evri mengatakan jika ada tiga komponen yang digunakan dalam proyeknya, yang pertama yaitu estimasi, monitoring, evaluasi serta modelling. Lalu pada komponen kedua adalah manajemen, serta yang terakhir yaitu sosial dan ekonomi. (SRRA/humas)