4199
Hits

BPPT- BIG Sepakat Jalin Kerjasama Survei Landas Kontinen di Barat Pulau Sumatera

Administrator
11 Aug 2020
Kebijakan Teknologi

 

BPPT melalui Balai Teknologi Survei Kelautan (BTSK) dan Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PPKLP) Badan Informasi Geospasial (BIG) adakan penandatanganan kontrak kerjasama mengenai survei Landas Kontinen Indonesia (LKI) di Perairan Barat Sumatera yang dalam implementasinya dilaksanakan oleh PPKLP BIG dan BTSK BPPT, di Jakarta (11/08).

 

Kepala BPPT Hammam Riza melalui sambungan aplikasi zoom menyambut baik kerjasama ini dan memberikan dukungan penuh sebagaimana dukungan kepada Kementerian Lembaga lain seperti BMKG, KKP, KNKT, BASARNAS, Kemendikbud, Kemenkomarvest dan lainnya.

 

Bahkan ke industri nasional PT. Telkom Infra, PT. CMS, PT. EGS Indonesia, PT. PADI, PT. PAGEO, PT. Elnusa dan lainnya melalui pemanfaatan inovasi dan layanan teknologi survei kelautan yang secara teknis dilaksanakan oleh Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT, ujarnya.

 

Pada 10 April 2019 tahun lalu Kepala BPPT Hammam Riza dan Kepala BIG Hasanuddin menghadiri acara Pelepasan KR Baruna Jaya I di Tanjung Priok dalam rangka melaksanakan survei Landas Kontinen Indonesia (LKI) di wilayah Utara Papua dan hasil kerjasama tersebut telah disubmit ke PBB di New York, USA oleh Tim Kerja Nasional LKI yang dipimpin Kemenkomarves RI.

 

Hasil dari kegiatan ini yang merupakan kerjasama antara Kementerian/Lembaga mempunyai kontribusi secara nasional terutama didalam menambah luas kedaulatan perairan Indonesia yaitu Landas Kontinen Ekstension (LKE) di Samudera Pasifik maupun di Samudera Hindia. 

 

Keberhasilan survei Landas Kontinen Indonesia tahun lalu maupun tahun ini dan tahun-tahun mendatang dikarenakan kerjasama yang baik diantara Kementerian Lembaga terkait seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, BIG, BPPT, jelasnya.

 

Sementara, Kepala BIG Hasanuddin Z Abidin secara daring juga menyampaikan bahwa wilayah laut di Indonesia harus  dikelola secara bergotong royong dan dikelola sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara.

 

Salah satu dari pengelolaan maritim ini adalah kita mempunyai hak untuk mengklaim Landas Kontinen Extension (LKE) di tiga tempat yaitu di Barat Sumatera, Utara Papua dan Selatan Sumba, dan Barat Aceh.

 

Pada 2019 lalu lanjut Hasanuddin,  BIG dan BPPT telah melakukan survey bersama dan melakukan submisi di Utara Papua dan ditahun ini diharapkan kembali untuk melalukan survey multibeam disebelah Barat Sumatera untuk memperkuat submisi ke UN-CLCS (United Nation Commission on the Limits of the Continental Shelf).

 

Diharapkan kerja sama antar lembaga negara ini dapat terus terjalin dengan harmonis sebagai wujud sikap nasionalisme dan cinta tanah air kepada NKRI guna membangun Indonesia yang lebih maju dan mandiri terutama membangun kejayaan Indonesia dari sektor maritim. (Humas BPPT)