3522
Hits

BPPT Dorong Pengembangan Ekosistem Inovasi Untuk Indonesia Maju

Administrator
17 Jul 2020
Kebijakan Teknologi

Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT memiliki peran strategis dalam mengawal proses bisnis BPPT, berhubungan dengan para pemangku kepentingan yang menggunakan jasa BPPT, terutama yang berhubungan dengan pemerintah maupun industri, kata Kepala BPPT Hammam Riza saat membuka Rapat Kerja Kedeputian Pusat Kebijakan Teknologi BPPT dengan tema Ekosistem Inovasi Untuk Indonesia Maju yang dilakukan secara virtual (17/07).
 
Di sinilah peran BPPT, menurut Hammam khususnya Kedeputian PKT untuk menjembatani proses inovasi hasil litbangyasa yang dilakukan di kedeputian teknis untuk bisa diterima dan diterapkan oleh pengguna teknologi.

Setidaknya ada peran audit teknologi, kliring teknologi, intermediasi teknologi, difusi dan komersialisasi teknologi yang dapat dilakukan oleh unit-unit kerja di Kedeputian PKT.
 
Dengan melibatkan multi stakeholder bahwa penta helix itu menjadi bagian dan terobosan guna mencapai sebuah kemampuan melaksanakan ekosistem inovasi. Seperti membangun sistem inovasi dibidang alat kesehatan serta bagaimana beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi.
 
Selain itu lanjut Hammam, guna upaya memperkuat pelaksanaan tujuh peran BPPT sesuai amanah Undang – undang No. 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan Teknologi, dimana salah satunya adalah peran audit teknologi, maka BPPT telah memperkuat dari aspek legal pelaksana audit teknologi yang kita kenal dengan Auditor Teknologi.
 
Flagship-flagship yang ada di BPPT seperti INA TEWS, bahan baku obat, bahan bakar nabati, charging station juga memerlukan dukungan kajian kebijakan untuk melengkapi output yang dijanjikan. Seperti penggunaan TKDN dari flagship ini harus dikawal tim dari Kedeputian PKT, ungkapnya.
 
Diharapkan, rapat kerja Kedeputian PKT dapat lebih mensinergikan seluruh sumber daya yang dimiliki Kedeputian PKT dan BPPT dalam mencapai target-target yang sudah ditetapkan bersama, pungkasnya. (Humas BPPT)