3784
Hits

BPPT Gelar Webinar Model Simulasi Prediksi Dampak New Normal Pandemi Covid-19

Administrator
23 Jul 2020
Kebijakan Teknologi

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyambut baik dengan diadakannya webinar dengan tema Model Simulasi Prediksi Dampak New Normal Pandemi Covid, (23/07). Diharapkan melalui webinar ini dapat memberikan masukan dan kesimpulan ataupun dukungan terhadap keputusan dengan memberikan prediktif model, ujarnya.

 

Dikesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Tekologi Gatot Dwianto myampaikan, pandemi Covid-19 mengakibatkan perekonomian dunia mengalami kemerosotan, dengan Indonesia. Pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I dilaporkan oleh BPS saat ini turun hingga hanya 2,97% dan menurut diprediksi Kementerian Keuangan pada Triwulan II bisa merosot sampai pada 3,10 %. Oleh karena itu pengambilan kebijakan untuk mengaktifkan perekonomian ditempuh salah satunya dengan menerapkan New Normal.

 

Lebih lanjut disampaikan, karenanya analisis keseimbangan antara pilihan menggerakkan roda ekonomi dan pilihan menahan penyebaran Covid-19 menjadi hal yang penting untuk dikaji. Menurutnya, hasil kajian dapat memberi masukan bagi pengambil kebijakan guna menentukan pilihan dan mungkin saja mengatur besaran kelonggaran untuk bergeraknya roda perekonomian.

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Sistem Audit Teknologi ujarnya, telah melakukan pemodelan penyebaran virus Covid-19 baru dengan pendekatan system dynamics sebagai dasar untuk memahami perilaku sistem yang dinamis tersebut.

 

Pandemi ini merupakan salah satu contoh permasalahan yang kompleks dan membutuhkan berbagai asumsi sebagai batasan, sehingga metode system dynamics dianggap tepat untuk memodelkan penyebaran pandemi tersebut. 

 

Gatot berharap, dengan acara ini dapat menghasilkan kajian dan simulasi model untuk berbagi pemikiran dan juga masukan dari apa yang telah dilakukan dan bermanfaat bagi kita semua dan untuk Indonesia tentunya. (Humas BPPT)