6118
Hits

BPPT Jajaki Kerjasama Integrasi Peternakan Sapi dan Kelapa Sawit dengan PTPN VI

 

"Urgensi program ini juga untuk mewujudkan swasembada daging. Selama ini asumsi kondisi geografis yang kurang savana dianggap tidak memungkinkan untuk swasembada. Ternyata asumsi tersebut salah. Pada kenyataannya kita memiliki sumber pakan berlimpah dari kelapa sawit. Masalah sebenarnya adlaah kita belum mampu mendapat bibit sapi yang mudah dan murah diperoleh," ungkap Dirut PTPN 6,  Iskandar Sulaiman, saat menerima kunjungan Kepala BPPT, di Unit Integrasi Sawit Sapi, PT Perkebunan Nasional (PTPN) VI, Jambi, (10/7)

 

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala BPPT Unggul Priyanto menegaskan bahwa jajarannya siap mendukung program tersebut. "Meski terbilang baru, namun BPPT sudah punya pengalaman terkait pengembangan sapi dan sawit ini," ungkapnya.

 

Unggul kembali menambahkan bahwa BPPT di Kabupaten Pelalawan, Riau,  juga melakukan pembinaan terhadap  kelompok peternak dan perkebunan sawit rakyat pelalawan.  "Hasilnya memuaskan diantaranya sudah dilakukan teknologi pakan bioteknologi dan teknologi produksi, seperti penggembalaan terkontrol, pakan lengkap, teknologi reproduksi dan lainnya.

 

Di tempat yang berbeda, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, mengharapkan BPPT dapat memberikan andil dalam pengembangan sapi-sawit ini. "Saya harap BPPT dapat memberikan solusi bagi pengembangan sapi-sawit ini, sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat Jambi, bahkan bagi nasional," tutupnya. (Humas)