7963
Hits

BPPT-KEPULAUAN ANAMBAS: OPTIMALKAN PERAN IPTEK DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

Administrator
03 Mar 2011
Kebijakan Teknologi

Lebih lanjut Jumain mengharapkan penandatanganan tersebut dapat diimplementasikan dalam kegiatan nyata untuk mendukung pembangunan Kepulauan Anambas. “Dengan melalui suatu pengkajian dan penerapan teknologi tentunya, tegasnya.

“Oleh karena itu, melalui kerjasama ini diharapkan dapat disusun program untuk melaksanakan pengkajian dan penerapan teknologi sesuai dengan potensi SDA di Kepulauan Anambas. Kesemuanya tentu saja ditujukan pada suatu perubahan yang berinovasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jelasnya.

Dalam hal ini, lanjut Jumain, BPPT sudah berpengalaman untuk mengembangkan pembangunan daerah dengan sistematika perencanaan melalui konsep Sistem Inovasi Nasional (SIN). “SIN dijadikan dasar dari suatu perencanaan yang terintegrasi dari tahap pengkajian sampai pada tahap penerapan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan produktifitas hingga mencapai daya saing, jelasnya lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A. Taufik menambahkan dengan keterbukaan dan langkah yang sistematis diantara kedua belah pihak, dapat menjadi awal yang baik dalam bekerjasama untuk membangun Kepulauan Anambas kedepannya.

“Terpenting dari kerjasama ini adalah apa yang sudah kita lakukan demi kemajuan pembangunan Kepulauan Anambas tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat, tegasnya.

Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada di Kepulauan Riau adalah daerah yang lahir sejak terbitnya UU. no.33 tahun 2008. “Sebagai sebuah kabupaten yang baru berumur tiga tahun, disadari bahwa masih sangat banyak potensi-potensi daerah yang belum dioptimalkan pengelolaannya, bahkan ada yang belum tersentuh sama sekali oleh oksigen pembangunan, ujar Bupati Kepulauan Anambas, T. Mukhtaruddin.

Atas dasar pemikiran tersebut, kami memandang perlu dilakukan sejumlah kajian dan penelitian meliputi berbagai ranah dan potensi daerah. Baik kajian pembangunan dalam konteks makro seperti Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) maupun kajian-kajian yang lebih spesifik seperti masterplan pembangunan ekonomi, agropolitan, minapolitan serta pengembangan kawasan maritim dan perbatasan, jelas Mukhtaruddin.

Diharapkan kerja sama yang terjalin ini dapat terus berlanjut dan BPPT dapat menjadi lembaga utama yang akan menyokong Anambas dalam melaksanakan pembangunan daerah. Sebab, kedepannya diinginkan Anambas menjadi salah satu daerah yang tidak saja mampu mengoptimalkan pengelolaan SDA nya tetapi juga memiliki SDM yang qualified dan melek teknologi, ungkapnya. (KYRAS/humas)