4976
Hits

BPPT Perkenalkan Teknologi Perbanyakan Benih, Bagi Petani Jahe Di Kabupaten Pemalang

 

Terkait hal tersebut BPPT melalui Balai Bioteknologi bersama Komisi VII DPR RI dengan dukungan CSR dan SME Partnership Program Jawa Bagian Tengah PT Pertamina mengadakan Pelatihan Teknologi Perbanyakan Benih Jahe Merah Secara Ex Vitro, di Desa Tegalsari Barat, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang (4/11).

 

Kepala Balai Bioteknologi BPPT, Agung Eru Wibowo mengatakan kami melakukan terobosan untuk melakukan teknik perbanyakan benih tanaman secara ex vitro, salah satu komoditi yang kami berikan adalah terkait perbanyakan bibit jahe.

 

Negeri kita kaya akan potensi tanaman herbal, menurut nya, saat ini kebutuhan jahe merah terus meningkat dan industri memerlukan pasokan bahan baku yang cukup dengan kondisi yang baik.

 

Diharapkan para peserta pelatihan dapat termotivasi untuk melakukan usaha budidaya jahe merah dan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan teknis perbanyakan benih jahe merah sebagai tahapan penting dalam budidaya jahe merah yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jelas Agung.

 

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian menyampaikan, pelatihan teknologi perbanyakan benih jahe merah secara ex vitro adalah guna mendorong gerakan budidaya jahe merah untuk pemberdayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

 

Ramson meminta kepada para peserta untuk fokus ketika pelatihan dan pemberian materi, agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan.

Adapun pelatihan ini dimaksudkan memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis cara perbanyakan benih jahe merah secara ex vitro kepada masyarakat, selain informasi dan pengetahuan tentang manfaat dan potensi pasar jahe merah. (Humas/HMP)