2615
Hits

BPPT Tingkatkan Kemampuan Dalam Pengembangan Bahan Semai Teknologi Modifikasi Cuaca

 

 

Untuk itu menurut Erwin, perlu ada masukan dari beberapa pakar, salah satunya dari Droplet Measurement Technologies Amerika untuk memberikan masukan bagaimana memproduksi bahan semai yang kita inginkan.

 

Bahan semai ini sangat bermanfaat untuk pengembangan cloud seeding dalam pengembangan modofikasi cuaca, kedepan teknologi akan terus dikembangkan baik untuk peningkatan curah hujan maupun pengurangan curah hujan, ungkap Erwin.

 

Lanjut Erwin, setelah kita mendapatkan pertikel yang 2-5 mikron nantinya ada sistem pengemasan, karena di Indonesia kelembaban udara sangat tinggi. Kalau partikel nya sangat halus maka langsung menyerap keudara sehingga butiran itu langsung membesar lagi itu juga perlu dilakukan riset  untuk kedepannya.

 

Langkah yang akan dilakukan kedepan kata Erwin adalah bagaimana mendapatkan ukuran butir yang kita harapkan serta bagaimana pengemasannya. Berikutnya bahan yang sudah dikemas itu bisa didistribusikan didalam awan melalui pesawat.

 

Sementara, Senior Scientist Droplet Measurement Technologies Duncan Axisa pada kesempatan tersebut menjelaskan kami disini untuk menjelaskan teknologi yang terkait dengan modifikasi cuaca serta berkolaborasi antara BPPT dengan Droplet Measurement Technologies dibidang modifikasi cuaca.

 

Duncan berharap teknologi ini dapat digunakan di Indonesia tidak hanya ilmuan tetapi juga berguna bagi masyarakat untuk melakukan keahlian ilmu pengetahuan dan teknologi (Humas/HMP)