475
Hits

BRIEF #34: BRIN-LDE Academy 2022: The Smart, Sustainable, and Healthy City in Post Covid-19 Indonesia

Humas BRIN Dalam BRIN Insight Every Friday (BRIEF) episode 34, tema yang diangkat adalah BRIN-LDE Academy 2022: The Smart, Sustainable, and Healthy City in Post Covid-19 Indonesia.

Kusnandar yang merupakan wakil ketua BRIN-LDE Academy 2022 yang juga periset dari Pusat riset Kependudukan BRIN menjelaskan mengenai BRIN-LDE Academy 2022.

LDE sendiri merupakan bentuk kerjasama tiga universitas di Belanda, yaitu Leiden University, Delft University of Technology dan Erasmus University Rotterdam.

“latarbelakang kerjasama mereka didasari oleh kekuatan masing-masing seperti Leiden kuat di social sciences, laws, dan ilmu-ilmu kesehatan, Delft kuat di enjinering dan teknologi, dan Erasmus di ekonomi” jelas Kusnandar

Untuk tahun ini (2022) LDE bekerjasama dengan BRIN untuk mengadakan BRIN-LDE Academy 2022. Fokus kegiatannya untuk capacity building untuk penulisan artikel, publikasi internasional dan penulisan proposal riset untuk mendapatkan pendanaan.

Direncanakan kegiatan ini nantinya akan dijadikan event tahunan dan tahun ini tema yang diangkat masalah perkotaan dengan PIC Pusat Riset Kependudukan BRIN.

Kegiatan BRIN-LDE Academy juga menjadi momentum untuk riset kolaborasi terutama dengan tiga universitas tersebut dan peluang bagi para periset untuk peningkatan pendidikan terutama PhD melalui degree by research.

Kusnandar menjelaskan, yang mendasari tema perkotaan diangkat tahun ini diantaranya tingginya urbanisasi yang menimbulkan masalah pemukiman, kesehatan,  sarana prasarana, kemiskinan, kemacetan dan banyak lagi.

Pandemi Covid 19 yang berlangsung selama 2 tahun terakhir berdampak besar pada masyarakat perkotaan. Interaksi yang tinggi, kepadatan pemukiman, membuat penanganan penyakit yang penyebarannya melalui interaksi menjadi sangat kompleks.

Tiga isu penting lain diantaranya keberlanjutan (sustainable), smart city, dan kesehatan. Sehingga tema besar yang diangkat The Smart, Sustainable, and Healthy City in Post Covid-19 Indonesia.

Tema besar tersebut dibagi menjadi empat sub tema yaitu smart cities and the digital transition; health in the city; sustainable cities, energy and water management; urban diversity and heritage.

Puncak kegiatan BRIN-LDE Academy 2022 akan dilaksanakan pada 31 Oktober – 4 November 2022 di Kawasan Puspiptek Serpong.

Pada sesi kedua Sasa Sofyan Munawar Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih BRIN menyampaikan materi partisipasi hasil riset dan inovasi bidang hayati dan lingkungan dalam kegiatan BRIN-LDE Academy.

Sasa memulai pemaparannya dengan menampilkan profil Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan.

Kondisi pandemi covid 19 telah meningkatkan limbah medis secara nasional. limbah medis tergolong limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) sehingga perlu pengelolaan khusus.

“BRIN turut serta dalam menyediakan teknologi penanganan limbah medis” terangnya

Penanganan limbah medis dapat dilakukan melalui dua cara yaitu daur ulang dan pemusnahan menggunakan insinerator.

Pada kesempatan itu, Sasa menampilkan riset-riset terkait teknologi penanganan limbah medis yang telah dilakukan.

Dampak protocol kesehatan di awal pandemi mampu menurunkan beban polutan karena menurunnya aktivitas manusia dan kegiatan ekonomi, tetapi di lain pihak peningkatan limbah domestik dan limbah medis.

Lebih lanjut Sasa menjelaskan inovasi teknologi pengolahan sampah skala rumah tangga, skala kawasan dan skala besar/kota.

Selain masalah sampah, Sasa juga menyampaikan teknologi pengolahan air minum berbasis masyarakat. (ARF_hms S2/ed_LH)