8797
Hits

CDM PLTMH RINTISAN BPPT BERHASIL TERDAFTAR DI UNFCCC

Sejak tahun 2005, PTPSE BPPT telah melakukan program terkait dengan Clean Development Management, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro di Desa Rantabella, Kec. Lotimojong, Kab. Luwu, Sulawesi Selatan. Selanjutnya dari 2007, PTPSE memberikan jasa konsultasi untuk pengurusan proyek CDM ke UNFCCC hingga akhirnya berhasil mendapat nomor urut proyek CDM ke 3474 di dunia pada tanggal 10 Desember 2010.

Bermitrakan dengan Chugoku EPCo (Electric Power Company) selaku pembeli kredit karbon dan PT. Fajar Futura Luwuk Energi (FFEL) selaku pemilik proyek, kegiatan proyek ini dapat mengurangi emisi karbon sebesar 10.498 tCO2 setiap tahunnya.

Melalui monitoring yang dilakukan PTPSE BPPT, diharapkan proyek CDM PLTMH Rantabella ini akan mendapatkan Certified Emission Reduction (CER), Sampai saat ini, hanya ada enam proyek CDM di Indonesia yang mendapatkan CER.

Kerjasama lainnya

Masih terkait dengan proyek CDM, akhir Maret 2011 ini, PTPSE juga akan melakukan kerjasama dengan PT Krakatau Steel dan Posco (Pohang Iron and Steel Company) Korea, dalam hal proyek CDM di sektor industri baja. Proyek CDM ini juga direncanakan akan didaftarkan ke UNFCCC.

Selain itu, PTPSE juga akan bekerjasama dengan PTPN ( PT Perkebunan Nusantara) terkait dengan proyek CDM di sektor pemanfaaan limbah perkebunan sawit. Sedang dijajaki pula mekanisme co-bilateral di sektor ketenagalistrikan, bersama beberapa mitra asing dari negara ANNEX-I dan mitra lokal diantaranya PT PLN (Persero), PT. Indonesia Power dan Independent Power Producen (IPP) dalam hal Pengurangan Emisi Karbon. (WP/ptpse/SYRA/humas)