9597
Hits

DIPERLUKAN INISIATIF PEMERINTAH DALAM MENDORONG PENGUSAHA INOVATIF

Administrator
01 Apr 2010
Kebijakan Teknologi

‚Balai Inkubator Teknologi (BIT) BPPT atau I-tech BPPT, berperan untuk menjembatani UMKM dan juga industri besar, untuk bisa mengakses teknologi BPPT dan mengoptimalkan serta memanfaatkan kedalam kegiatan produksi‚, ungkap Kepala Balai Inkubator Teknologi (BIT) BPPT, Bambang S Pujantiyo, Senin (29/03), di Ruang Kerjanya di BIT, Puspiptek Serpong.

Menurut Bambang, BIT kerap menghubungkan teknologi yang dihasilkan oleh BPPT, langsung ke Industri. ‚Cara itu kita namakan technology push. Yakni teknologi yang sudah ada di BPPT, kita link dengan UMKM atau industri yang cocok untuk digunakan. Selain itu, BIT juga mampu memenuhi demand teknologi dari industri atau UMKM. Jadi kita lakukan link and merge dengan mereka‚.

‚Mulai dari teknologi sederhana atau yang biasa disebut dengan teknologi tepat guna, hingga pada prototipe produk, semuanya kita lakukan. Misalnya ada pengusaha tempe yang menginginkan agar produksinya lebih cepat. Yang biasanya dinjak-injak, setelah memakai teknologi tidak perlu lagi diinjak, bahkan lebih cepat. Itu yang dinamakan tepat guna. Masyarakat Indonesia pada umumnya berpikir teknologi itu harus canggih seperti pesawat, padahal tidak selalu. Sederhananya, teknologi adalah cara membuat sesuatu‚, ujar Bambang.

Bambang menilai, selain berpikir bahwa teknologi itu harus selalu canggih, masyarakat juga belum menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi. ‚Kita di BIT dengan giat melakukan roadshow ke kota-kota besar di Indonesia, semua itu adalah dalam kerangka sosialisasi pentingnya penggunaan dan pemanfaatan teknologi. Kita kumpulkan pihak dari UMKM, pihak dari investor, pihak dari akademisi dan juga pihak dari pemerintah, dalam suatu komunitas. Dengan begitu, komunikasi antar berbagai pihak akan terjalin dengan baik‚.

‚Kita ingin, para pengusaha nantinya adalah pengusaha yang inovatif, yang menghasilkan produk-produk inovasi berbasis teknologi. Dengan begitu maka dengan sendirinya akan menambah nilai jual serta meningkatkan daya saing dari produk mereka. Perlu inisiatif yang sangat keras dari pemerintah untuk mendukung proses tersebut‚, tegasnya. (YRA/humas)