10317
Hits

DIPERLUKAN PERAN TEKNOLOGI UNTUK KEMAJUAN UMKM

Administrator
28 Dec 2009
Kebijakan Teknologi

Workshop ini merupakan lanjutan dari pertemuan di Bogor pada September lalu. Revitalisasi AIBI yang dihasilkan dari pertemuan tersebut, telah mendorong AIBI untuk menjadi lebih profesional dan memberikan jasa yang lebih optimal bagi para tenant‚, diungkapkan oleh Sekretaris Tim Formatur AIBI Manaek Simamora dalam laporannya pada acara workshop AIBI dengan tema Penguatan Peran Inkubator Bisnis dalam Penumbuh kembangan Wirausaha Baru Berbasis Inovasi di Indonesia yang berlangsung di Ruang Komisi 1 dan 2 BPPT (22/12).

Pendapat yang sama juga dikatakan Ketua Pelaksana PI UMKM yang juga merupakan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) Utama H Padmadinata. ‚Dengan diadakannya workshop ini, menimbulkan optimisme dan harapan baru bagi AIBI untuk berfungsi dengan baik dan optimal. Tantangan kedepan bagi AIBI adalah bagaimana mewujudkan sinergi dan network antar inkubator, sehingga AIBI menjadi lebih besar dan kuat‚, jelasnya.

Utama menambahkan, sejalan dengan semangat PI UMKM untuk menjadi center of excellent dalam memajukan UMKM melalui teknologi, AIBI juga diharapkan dapat menjadi ujung tombak bagi para inkubator dalam menginkubasi bisnis, terutama bagi usaha baru yang mengandung inovasi teknologi.

Berbicara mengenai kandungan teknologi, menurut Direktur Industri Kimia dan Bahan Bangunan dari Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Setio Hartono, ‚Industri kecil dan menegah (IKM) di Indonesia, 95% diantaranya masih menggunakan teknologi sederhana, hal itu yang membuat daya saing produk menjadi sangat rendah dan mudah ditiru. Disinilah peran BPPT dalam memajukan penggunaan teknologi bagi IKM jelas sangat dibutuhkan‚, katanya.

Kedepannya, Setiono mengungkapkan, inkubator dapat secara selektif memilih produk-produk apa saja yang akan di inkubasikan. Disamping juga memperhatikan sumber daya yang dimiliki dan proses dalam produksi. ‚Dengan melakukan proses seleksi, maka hasil yang didapat akan maksimal. Tenaga kerja banyak terserap, produk mempunyai nilai tambah dan daya saing menjadi lebih tinggi‚, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Anggota Tahunan AIBI yang dimaksudkan untuk merevitalisasi AIBI agar AIBI dapat lebih berperan secara aktif dalam hal menghasilkan wirausaha-wirausaha baru berbasis teknologi berdaya saing tangguh. Tahun 2010 nanti, AIBI berencana akan menyelenggarakan Workshop on Accelerating Innovation via Business incubators in Clean Technologies sebagai kontribusi AIBI dalam pemecahan masalah program iklim dunia. (YRA/humas)