3631
Hits

Dukung Pembangunan Kereta Cepat Jakarta – Surabaya, BPPT Dan Kementerian Perhubungan Adakan Pra Studi

 

Adapun skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha ( KPBU ) meliputi analisis koperatif pilihan teknologi kereta api kecepatan tinggi dan kereta api kecepatan normal, penilaian kelayakan proyek, perancangan dasar pada koridor jalur kereta api terpilih, penyiapan dokumen, dan penyusunan rencana aksi implementasi proyek.

 

Deputi BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) Wahyu Widodo Pandoe menyatakan, sebagai tindak lanjut dari hasil pra studi kelayakan ini nantinya akan menjadi FGD yang melibatkan beberapa pihak dibidangnya. “Hasil dari FGD tersebut akan dilaporkan kepada Presiden”, jelas Wahyu

 

Dengan melibatkan beberapa tenaga ahli, menurut Wahyu, BPPT berencana melakuan studi banding ke Australia dan semoga hasilnya nanti dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Sementara, Direktur Lalu lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi menyampaikan pentingnya pertemuan ini guna memberikan masukan dalam penyusunan laporan pra studi, dan sangat mendukung dengan terbentuknya tim studi kereta api koridor Jakarta-Surabaya.

 

Hadir juga pada acara tersebut, Direktur dan Kepala Unit di lingkungan BPPT, Asisten Deputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Dekan Fakultas Teknik UNDIP,  serta Kepala Badan Penyelenggara dan Pengelola usaha ITS. (Humas/HMP)