788
Hits

Webinar Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021

 

Jakarta - BPPT akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 pada tanggal 8-9 Maret 2021 mendatang. Menuju penyelenggaraan rakernas tersebut, BPPT telah menyelenggarakan Road to Rakernas berupa webinar yang diselenggarakan pada tanggal 4-5 Maret 2021. Webinar Rakernas ini dihadiri oleh seluruh mitra dan stakeholders yang terlibat dalam setiap bidang fokus teknologi sebagai upaya untuk membangun ekosistem inovasi teknologi yang mapan. Selain juga untuk memberikan masukan agar hasil fokus bidang teknologi BPPT dapat lebih terpusat pada pencapaian hasil dan dapat digunakan untuk peningkatan kemandirian dan daya saing bangsa.

Salah satu bidang teknologi yang dibahas dalam Rakernas ini yaitu bidang teknologi kemaritiman dengan fokus pembahasan Alat Angkut Maritim dan NCICD (National Capital Integrated Coastal Development).

Pembahasan fokus bidang teknologi kemaritiman bertujuan untuk penguatan ekosistem inovasi teknologi maritim BPPT dalam berkolaborasi, bersinergi, dan bermitra dengan perguruan tinggi, industri maritim, dan stake holder untuk mewujudkan hilirisasi produk-produk riset kaji terap inovasi teknologi maritim sampai ke end user (Offtaker) nasional.

Proses kaji terap inovasi bidang fokus maritim yang dikerjakan sejak th 2019 dan ditargetkan siap dimanfaatkan pada akhir 2022, merupakan bagian dari pemikiran solusi teknologi bagi pemenuhan kebutuhan teknologi maritim nasional, di antaranya kebutuhan teknologi kapal mini LNG untuk mendukung pengembangan pemanfaatan energi bersih nasional, Wahana Angkut Anjungan Lepas Pantai Pasca Operasi (ALPO) untuk peningkatan keselamatan pelayaran nasional, Harbour Tug Boat Dual Fuel untuk mendukung aktivitas operasional kepelabuhanan yang bersih ramah lingkungan, juga NCICD untuk pembangunan  wilayah pantai secara terpadu.

Untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan teknologi tersebut, hilirisasi hasil inovasi teknologi menjadi langkah penting dalam memberikan manfaat outcome hasil riset teknologi dan pada giliran akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat luas dan terjadinya peningkatan daya saing bangsa yang kita cintai, bangsa Indonesia.

Kertas kerja penguatan ekosistem inovasi teknologi yang dibahas dalam webinar ini mengangkat topik dari Sub-sub sistem antara penyedia teknologi sarana transportasi (badan jirap inovasi teknologi, builder, dan shipping), pengembang infrastruktur kepelabuhanan dan pantai, serta offtaker atau end user seperti  user energi listrik dari LNG yang dibawa dari sumber LNG ke pusat-pusat pembangkit listrik adalah perlu menjadi satu rantai yang kokoh yang didukung dengan kehadiran negara (pemerintah) melalui kebijakan perencanaan pembangunan nasional yang sangat tepat.

Dalam webinar, peserta yang diundang hadir adalah dari kalangan instansi pemerintah terkait (BAPPENAS, Ristek BRIN, Kemenkomarinves, ESDM, Perhubungan, Perindustrian, BUMN), BP Migas, PLN, PLN-GG, Pertagas, BKI, perguruan tinggi, industry galangan kapal, dan perusahaan pelayaran, serta industry kepelabuhanan dan kepantaian.