5891
Hits

FOKUS BPPT 2012, TEKNOLOGI UNTUK KEBUTUHAN RAKYAT

Administrator
05 Jan 2012
Layanan Info Publik

 

Oleh karena itu, lanjut Marzan, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan nilai tambah SDA Indonesia. Kalau kita ingin meningkatkan nilai tambah, maka kita perlu meningkatkan kandungan teknologi untuk mengolah SDA itu. Teknologi untuk mengolah SDA itulah yang dibutuhkan oleh rakyat tersebut, supaya kesejahteraan rakyat meningkat. Teknologi di dunia ini banyak, tersedia berserakan dalam berbagai bentuk dan yang memerlukan teknologinya pun banyak. Tapi kebanyakan belum saling tersatukan antara kebutuhan dan ketersediaan teknologi, jelasnya.

Untuk dapat menyatukan antara kebutuhan dan ketersediaan, itulah fokus kegiatan yang akan dilakukan BPPT di 2012 ini. selain itu juga akan dilakukan upaya peningkatan pemanfaatan teknologi untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatakan kesejahteraan rakyat. Namun tentu saja BPPT tidak dapat bekerja sendiri. Kolaborasi dengan pemerintah, lembaga litbang lain, serta industri akan semakin ditingkatkan dalam kerangka sistem inovasi. Teknologi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka teknologi itulah yang akan kita kembangkan ke depannya, tegasnya.

Berkaitan dengan kepindahan kegiatan kerekayasaan BPPT ke Puspiptek Serpong, direncanakan di akhir tahun 2012 seluruh aktifitas kerekayasaan BPPT sudah dilakukan di Puspiptek. Hal ini berkaitan dengan upaya merealisasikan gagasan menjadikan Puspiptek sebagai Indonesia Science and Technopark (ISP). ISP nantinya diharapkan menjadi center of excellence di Indonesia di bidang teknologi. Dikaitkan dengan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, dibutuhkan banyak center of excellence. Dari enam koridor yang disusun, paling tidak satu koridor satu center of excellence. Embrionya yang ingin dijadikan contoh adalah Indonesia Science and Technopark ini. Dalam Technopark ini, bukan hanya ada peneliti dan perekayasa saja, tapi juga industri, perbankan, inkubator teknologi dan bisnis dan perusahaan pemula, jelas Marzan lebih lanjut. (SYRA/humas)