3007
Hits

Hapus Penggunaan Merkuri Pada Penambangan Emas, BPPT – Kabupaten Kulon Progo Jalin Kerjasama

 

 

BPPT melalui Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Mineral diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk membangun satu proyek percontohan yang akan dibangun dilokasi tambang emas rakyat Kabupaten Kulon Progo, kata Unggul.

 

Ruang lingkup kerjasama ini tentunya tidak terbatas pada proyek percontohan pengolahan emas bebas merkuri. Menurut Unggul, juga dapat mencakup bidang-bidang teknologi lainnya seperti kebijakan teknologi, agro industri dan bioteknologi, sumberdaya alam dan lingkungan, industri rancang bangun dan rekayasa, informasi, energi dan material serta bidang lain yang disepakati  sesuai dengan kebutuhan yang dapat mendorong pembangunan di Kabupaten Kulon Progo.

 

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menyebutkan mayoritas penduduk Kabupaten Kulon Progo adalah penambang emas illegal yang kemudian kami tutup empat tahun yang lalu. Kami juga melakukan pendekatan guna mendapatkan izin dari Kementerian Perindustrian satu setengah tahun berikutnya izin tersebut keluar, ungkap Hasto.

 

Hasto berharap, proyek percontohan tersebut sebagai langkah nyata dalam upaya penghapusan merkuri pada tambang emas rakyat. Semoga dengan penandatanganan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan produktifitas yang nantinya masyarakat terbebas dari kemiskinan, tutup Hasto. (Humas/HMP)