4940
Hits

HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013 TAMPILKAN PUNA BPPT SEBAGAI PRODUK UNGGULAN

Administrator
25 Jun 2013
Layanan Info Publik

Dalam sambutannya Gusti mengatakan jika Tema “Inovasi untuk Kemajuan Bangsa” dipilih agar penelitian dan pengembangan Iptek menjadi sebuah solusi di tengah masyarakat yang dihadapkan pada berbagai permasalahan yang muncul. “Seiring perkembangan zaman, tuntutan masyarakat akan kemudahan dan kecepatan dalam peningkatan produktivitas serta pelayanan harus didukung dengan teknologi yang inovatif, tema ini diangkat sebagai representasi melalu peran teknologi dalam salah satu komponen penentu kemajuan bangsa,” tuturnya.

Gusti juga mengatakan jika pada setiap peringatan Hakteknas selalu ada teknologi baru yang dikenalkan dan menjadi ikon pada setiap peringatan. Khusus untuk tahun ini, Gusti mengatakan produk unggulannya yaitu Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) Wulung dan Roket Balistik Tanpa Kendali Roket Rhan 1210.

Pada kesempatan yang sama Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan kebanggaannya atas setiap produk hasil anak bangsa yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga pertahanan dan kedaulatan NKRI. “Dengan Peringatan Hakteknas ini, berbagai inovasi anak bangsa bisa dilihat dan terbukti bahwa kita tidak kalah dari bangsa-bangsa lain,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kemenristek ada pula Pameran dan Peluncuran Produk Teknologi Hankam dan Kedirgantaraan di halaman Gedung Kemenristek. Beberapa produk-produk yang hadir yaitu PUNA dalam tiga varian (Wulung, Alap-Alap dan Sriti) dari BPPT, Roket Rhan 1210 dari LAPAN. Selain itu PT. Dirgantara Indonesia menampilkan beberapa maket pesawat N212, N235, N295 dan N219. Sedangkan Kementerian Pertahanan juga menampilkan beberapa model kapal angkut tank, kapal cepat rudal dan panser.

Puncak peringatan Hakteknas ke 18 ini akan dilaksanakan pada 27 Agustus-1 September 2013 di Taman Mini Indonesia Indah, dengan berbagai rangkaian kegiatan seminar, rakornas, karnaval Iptek dan pameran Ritech Expo. (SYRRA/humas)