2753
Hits

HUT BPPT ke-41, Dukung SDM Iptek Sebagai Landasan Dalam Pembangunan Nasional

Administrator
21 Aug 2019
Layanan Info Publik

Sejak didirikan tahun 1978, BPPT sudah mengalami regenarasi 10 kali kepemipinan. Dalam perjalanannya di usia 41 tahun, BPPT telah meluncurkan karya-karyanya antara lain: deployment TEWS Bouy Merah Putih di Selat Sunda, PLTP Merah Putih di Kamojang, PLTSa Merah Putih di Bantar Gebang, demikian disampaikan Kepala BPPT Hammam Riza pada acara HUT 41 Tahun BPPT dengan tema Pembangunan SDM Iptek Penghela Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju, Mandiri, Adil dan Makmur, di Jakarta (21/08).

 

Disampaikan Hammam, di usia 41 tahun BPPT semakin matang dalam menghasilkan inovasi dan layanan-layanan teknologi guna memberikan solusi bagi permasalahan bangsa.

 

Memasuki usia yang ke 41 tahun BPPT tambah Hammam, terus berbenah diri dengan spirit Ihsan, menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik. Karenanya BPPT terus berinovasi untuk berkontribusi dalam meningkatkan Total Factor Produktivity (TFP) nasional dalam upaya mengatasi ancaman Middle Income Trap.

 

Disebutkannya bahwa BPPT di Tahun 2020 dipercaya untuk memimpin atau mengkoordinir lima Flagship Nasional dan 1 Super Project Nasional yaitu: Flagship PLTP-Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi skala kecil, Flagship Industri Garam Terintegrasi, Flagship PUNA MALE- drone dengan kemampuan terbang jarak jauh, Flagship Fast Charging untuk Mobil Listrik,  Flagship BBO-Bahan Baku Obat serta Super Project Ina TEWS- Indonesia Tsunami Early Warning Systems baik menggunakan Bouy maupun Cable.

 

Dikesempatan tersebut, Hammam juga mengutip mengutip pidato Presiden Jokowi pada tanggal 16 Agustus 2019 yakni ; "Kita masuk dalam era kompetisi antar negara yang semakin sengit. Kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi", ini selaras dengan #BPPTSolid.

 

Kemudian, “Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. SDM unggul yang toleran, berakhlak mulia. SDM yang terus belajar, bekerja keras, dan berdedikasi," ini juga selaras dengan #BPPTSmart.

 

Terakhir, “Indonesia tidak takut terhadap persaingan.  Kita hadapi persaingan dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan.," ini pun selaras dengan #BPPTSpeed

 

Ditegaskannya juga bahwa BPPT dan segenap SDM nya siap melaksanakan arahan-arahan Presiden tersebut.  BPPT siap menjadi garda terdepan menjadikan inovasi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi. BPPT siap menerima penugasan-penugasan nasional, seperti Transformasi Digitial Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SBPE), Audit Teknologi Black Out PLN, B50 dan bahkan B100.  

 

Diakhir, BPPT siap mendukung SDM Unggul untuk Indonesia Maju.  BPPT siap menempatkan Iptek sebagai landasan dalam pembangunan nasional, pungkasnya.

 

Sebagai informasi, diacara tersebut juga dilakukan launching penghargaan BPPT Innovation Award (BIA) untuk mendorong tumbuh kembangnya SDM yang kreatif dan inovatif yang mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat menjadi penghela ekonomi nasional. 

 

Selain itu juga dilakukan deklarasi Transformasi Digital BPPT, dalam rangka mewujudkan dynamic government yang mampu melakukan tata kelola kepemerintahan yang dinamis.

Serta peluncurkan i-OTENTIK-3000 yaitu Sertifikat Digital bagi seluruh pegawai BPPT. BPPT akan menjadi instansi pemerintah pertama di Indonesia yang melaksanakan hal tersebut. (Humas/HMP)