8309
Hits

INOVASI ADALAH KATA KUNCINYA

Administrator
19 Jan 2012
Kebijakan Teknologi

BPPT, lanjutnya, telah memiliki pengalaman dalam membangun kisah sukses dalam mendampingi daerah dengan menerapkan e-development dengan pengembangan dan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Contoh penguatan sistem inovasi melalui kerja sama BPPT dengan kabupaten atau kota yakni pengembangan klaster industri animasi dan film di Kota Cimahi, minyak atsiri dan produk kelapa di Blitar, klaster industri logam dan revitalisasi Pusat Inovasi Teknologi (PPIT) di Kabupaten Tegal , serta pengembangan Kampung Batik Laweyan di Surakarta," tambahnya.

Senada dengan Kepala BPPT, Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta menegaskan bahwa sistem inovasi di daerah-daerah harus diperkuat. Karena inovasi adalah kata kunci dalam menghadapi globalisasi di tengah persaingan yang semakin ketat dan dalam rangka meningkatkan pembangunan perekonomian bangsa. Setiap daerah memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang baik. Namun, masih banyak masyarakat yang belum percaya akan kualitasnya. Padahal  Indonesia  sudah punya prasyarat untuk menjadi negara yang maju. Kita punya hasil batubara, kemudian penghasil minyak, penghasil kopi  terbesar di dunia, terang Menristek.

Pentingnya penguatan sistem inovasi juga diamini oleh Kepala Balitbangda, Agus Suryono yang mewakili Gubernur Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan dalam mendukung peningkatan daya saing daerah dan percepatan pembangunan ekonomi, perlu didukung SDM yang tidak hanya menguasai Iptek saja tetapi juga inovasi dan kreatifitas masyarakat. Selanjutnya disampaikan dengan adanya kegiatan ini, sebagai tindak lanjut dalam pengembangan sistem inovasi di Jawa Tengah diharapkan mampu mendorong penguatan sistem inovasi  dari sisi produksi, proses maupun pemasaran untuk penguatan daya saing global yang berkelanjutan.

Dalam workshop dan FGD tersebut dilakukan penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama antara BPPT dengan Pemkot Semarang, Pemkab Malang, Pemkab Ngawi, Pemkab Brebes, Balitbang Provinsi Jawa Tengah dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Selain itu juga diadakan peluncuran buku Panduan Teknometer, buku Pendekatan Total Factor Productivity, Draft Buku Putih Penguatan Sistem Inovasi, Buku Manajemen Pengetahuan dan Portal Gerbang Indah Nusantara serta Dialog Interaktif Penguatan Sistem Inovasi. (KYRAS/humas)