9565
Hits

INOVASI SEBAGAI KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN

Administrator
22 Jul 2010
Kebijakan Teknologi

{rokbox}images/stories/solo.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/solo1.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/solo2.jpg{/rokbox}

‚Kami sangat optimis bahwa apa yang kami cita-citakan dapat terwujud karena adanya dukungan dari para pejabat tinggi pemerintah, para pejabat daerah serta pemangku kepentingan lainnya dalam program inkubator bisnis‚, ungkap Asril lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT Marzan A Iskandar dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan kemandirian dan pemajuan peradaban bangsa hanya dapat dicapai melalui peningkatan daya saing dan inovasi. ‚Dalam menyikapi dinamika perubahan di masa mendatang diperlukan upaya-upaya yang bertumpu pada pengembangan dan pemanfaatan pengetahuan. Upaya yang mendorong berkembangnya ekonomi pengetahuan dan masyarakat yang semakin berpengetahuan. Oleh karena itu, diyakini bahwa sistem inovasi menjadi kunci dalam pembangunan baik pada tataran nasional maupun daerah‚.

Dalam rangka mendukung penguatan sistem inovasi nasional, BPPT menurut Marzan, memetakan isu strategis yang dianggap penting dibenahi ke depan, salah satunya yaitu pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi. ‚BPPT bersama mitra strategis mendorong perkembangan technopreneurship antara lain melalui program PI UMKM, inkubator teknologi dan pelatihan technopreneurship‚.

‚Dalam tiga tahun terakhir BPPT dengan Pemerintah Kota Surakarta telah melakukan berbagai kegiatan litbangyasa seperti pengembangan Sistem Inovasi Daerah, pengembangan e-Development Daerah, pengembangan Lembaga Intermediasi melalui PI UMKM dan training of trainer penerapan kurikulum technopreneurship. Ke depan kita perlu meningkatkan kerjasama yang telah terjalin ini dan Surakarta dapat menjadi percontohan penguatan sistem inovasi bagi daerah lain‚, jelas Marzan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dari AIBI, yang diserahkan oleh Ketua AIBI kepada Walikota Solo, Joko Widodo yang dinilai telah berjasa dalam memberikan dukungan kepada kegiatan pengembangan inkubator bisnis di Surakarta. Dukungan yang diberikan baik melalui kebijakan maupun melalui penerapan program kerja pemerintah kota Surakarta, yang antara lain melalui pendirian Solo Technopark dengan pengalokasian tempat bagi UMKM center di dalamnya.

Acara diakhiri dengan kunjungan ke Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta dan Solo Techno Park. (YRA/humas)