10467
Hits

PI-UMKM SIAP MENDUKUNG PERKEMBANGAN USAHA BARU

Administrator
04 Nov 2009
Kebijakan Teknologi

Berdiri sejak tahun 1998, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) sadar betul akan pentingnya proses penginkubasian dalam mengembangkan model usaha, terlebih lagi untuk wirausaha baru. Dalam kegiatannya, AIBI menyelenggarakan pertemuan yang dimaksud untuk merevitalisasi AIBI sesuai dengan tantangan dimasa mendatang (8-9/10). Dalam pertemuan tersebut, Asril Fitri Syamas (BIT BPPT) dan Manaek Simamora terpilih sebagai Ketua AIBI dan Sekjen AIBI untuk kepengurusan periode 2010-2013.

‚PI-UMKM ditugasi dua hal yakni memperkuat basis teknologi dari industri yang telah ada dan membentuk wirausaha teknologi‚ ungkap Chief Engineer PI-UMKM Totok Hari Wibowo. ‚Inkubator berfungsi mengembangkan bisnis baru melalui proses penggodokan dalam fasilitas inkubator, hal ini dapat dikolaborasikan dengan PI-UMKM yang memang membutuhkan inkubator-inkubator untuk merealisasikan tugas dan target‚ ungkap Totok lebih lanjut.

Totok yang juga Ketua Formatur Revitalisasi AIBI mengungkapkan, bahwa terdapat beberapa poin penting yang dihasilkan pada pertemuan, diantaranya adalah (1) Lembaga Pendanaan Dana Bergulir (LPDB) menjanjikan dana sebesar 5 milyar rupiah untuk dimanfaatkan oleh inkubator-inkubator bisnis; (2) Departemen Perindustrian menjanjikan akan mendukung program AIBI dengan memanfaatkan program yang ada; (3); Departemen Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menjanjikan dana sebesar 1.5 milyar rupiah untuk mendukung AIBI dan mengusulkan agar AIBI bisa bertempat di fasilitas mereka. (YRA/humas)