4681
Hits

Safari Ramadhan Deputi TIEM: Optimalkan Pemanfaatan Laboratorium, Hasilkan Energi Terbarukan

 

Saat ini B2TE sudah memiliki beberapa laboratorium, di antaranya laboratorium ruang Uji Baterai, laboratorium ruang Fotovoltaik/Inventer, laboratorium ruang Uji Switching Lampu, laboratorium ruang Uji Listrik/Sistem PV PLTS, laboratorium ruang Uji Sistem PLTS dan laboratorium Uji Peralatan Rumah Tangga.

 

Sedangkan PTPSE memiliki lima laboratorium, seperti laboratorium bahan bakar nabati, laboratorium bahan bakar batubara bersih, laboratorium bahan bakar gas, laboratorium pengembangan Tekno Fuel cell dan laboratorium pemodelan energi.

 

"Menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan sarana dan prasana yang dimiliki untuk terus menghasilkan riset dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Hammam.

 

Disamping menghasilkan riset yang bermanfaat, Hammam juga menyampaikan pentingnya mensinergikan riset dengan bisnis model. Dalam mengembangkan sebuah produk harus dipertimbangkan juga kemauan dari konsumen dan biayanya.

 

"Saya berharap ada panduan transformasi dari riset ke bisnis , sehingga permasalahan dari hasil riset yang tak termanfaatkan bisa terselesaikan. Mari terus menggali potensi-potensi dari energi terbarukan dan menentukan langkah-langkah untuk pengembangannya," harapnya.

 

Hammam juga menyampaikan bahwa tujuan dari Safari Ramadhan juga untuk mengevaluasi permasalahan-permasalah yang ada di setiap unit kerja dan ajang untuk mempererat tali silahturahmi dengan pegawai-pegawai yang ada di kedeputian TIEM. (Humas)