5298
Hits

UBAH PARADIGMA SAMPAH, KELOLA SAMPAH JADI SUMBERDAYA

Hal tersebut disampaikan Ridwan Djamaluddin, Deputi Kepala BPPT BIdang TPSA yang mewakili Kepala BPPT pada acara Seminar Nasional “Teknologi Pengolahan Sampah Berwawasan Lingkungan Paska Terbitnya PP No 81 Tahun 2012 dan Implementasinya bagi Kabupaten/Kota”, di BPPT. (16/05).

Menurutnya, seiring dengan berkembangnya kehidupan masyarakat, sampah telah pula menyebabkan bencana seperti banjir, longsor dan terkait dalam isu-isu perubahan iklim.

“Sebagai bagian dari warga dunia dan juga warga Indonesia yang baik, mari kita mulai menerapkan teknologi-teknologi atau pengetahuan-pengetahuan termasuk juga kebijakan lokal yang berkembang di masyarakat untuk melakukan gerakan 3R yang sudah tidak asing lagi dan seharusnya sudah menjadi kehidupan kita sehari-hari”, ungkap Ridwan.

Berbicara mengenai gerakan 3R, Ridwan mengatakan keyakinannya akan pentingnya keterlibatan masyarakat didalamnya. “Tidak mungkin difokuskan pada tempat-tempat tertentu, bidang-bidang tertentu pihak-pihak tertentu saja, seluruh masyarakat harus terlibat karena sampah adalah bagian dari kehidupan kita bersama”, tuturnya. (SYRA/humas)