• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT-BELITUNG: KERJASAMA KEMBANGKAN EKONOMI MELALUI PENINGKATAN SUMBER DAYA LOKAL

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki visi mewujudkan wilayah yang sejahtera, berdaya saing dan bermartabat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan potensi daerah yang berpijak pada kerangka pembangunan sektoral. Sesuai dengan visinya tersebut maka kerjasama ini bertujuan untuk untuk mengembangkan perekonomian lokal melalui peningkatan sumber daya lokal dan partisipasi semua stakeholder, ungkap Bupati Kabupaten Belitung, Darmansyah Husein saat sambutannya dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPPT dengan Kabupaten Belitung tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi unuk Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di BPPT (1/2).

Penandatanganan dilakukan oleh Deputi Kepala Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT, Tatang A. Taufik dan Bupati Kabupaten Belitung, dan disaksikan secara langsung oleh Kepala BPPT. Selanjutnya dikatakan Bupati Belitung, saat ini Kabupaten Belitung telah membangun kawasan ekonomi khusus seperti salah satunya membangun pelabuhan. Dengan membangun pelabuhan dapat menarik investasi Belitung dan meningkatkan nilai tambah. Konon, Belitung memiliki pabrik keramik tertua pertama kali yang diresmikan oleh Bung Hatta, namun kendalanya saat itu Belitung belum memiliki pelabuhan yang cukup baik untuk akses transportasinya, ujarnya.

Selain di bidang infrastruktur, sambungnya, Belitung juga perlu mengembangkan Sumber Daya Manusia melalui peningkatan akses pendidikan, layanan kesehatan, penciptaan lapangan kerja dan kemampuan dasar adaptasi dengan teknologi. Di bidang Informasi dan komunikasi, Belitung sedang membangun e-Government dan diharapkan melalui kerjasama dengan BPPT dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Sesuai dengan potensi sumber daya alam, tanaman lada merupakan komoditas perkebunan yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Belitung dengan melaksanakan program revitalisasi perkebunan lada. Dilihat dari sisi potensi wisata banyak yang dapat dikembangkan dan di jual, selain perairan pulau dan kawasan pantai, Belitung juga menawarkan banyak wisata berjenis budaya, alam pegunungan yang memiliki ciri dan daya tarik tersendiri, ucap Darmansyah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar sangat menyambut baik langkah awal dari kerjasama BPPT dengan Kabupaten Belitung. Dengan segala potensi yang dimiliki Belitung diharapkan MoU ini dapat ditindaklanjuti untuk membahas dan mengidentifikasikan potensi yang dikembangkan untuk kemajuan daerah dalam Forum Group Discussion, ungkapnya.

E-development yang termasuk didalamnya e-government, menurut Marzan, merupakan salah satu hal yang relevan untuk dikembangkan sehingga akan semakin mempermudah bagi Kabupaten Belitung untuk membuka diri. Dari sisi konektivitas, hal yang paling cepat dilakukan yaitu dengan membangun TIK. Sedangkan, dari sisi transportasi dapat dibangun secara bertahap, jelasnya.

Dengan demikian diharapkan kerjasama ini dapat direalisasikan dan ditindaklanjuti. Selanjutnya dalam hal ini, BPPT dapat memberikan gagasan-gagasan yang inovatif, fasilitas laboratorium serta rekomendasi-rekomendasi sebagai langkah yang berkesinambungan sehingga Kabupaten Belitung dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan daerah,ungkap Marzan. (KYRAS/humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT