Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PENGUATAN SISTEM INOVASI PROVINSI RIAU

 

 

 

“Perubahan suatu daerah tidaklah tergantung dari BPPT. BPPT hanyalah menjadi fasilitator, selebihnya daerahlah yang menentukan masa depannya. Diharapkan di masa yang akan datang, baik pemerintah daerah, masyarakat dan para relawan secara berkesinambungan saling bahu membahu menciptakan perubahan untuk daerahnya,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A. Taufik pada acara “Capacity Building dan Training of Trainer”di Hotel Grand Central, Pekanbaru, Riau beberapa waktu lalu.

 

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala BPP Provinsi Riau, Tengku Dahril mengatakan bahwa bukan tidak mungkin provinsi Riau dapat menjadi daerah percontohan, yang akan menularkan semangat inovasi kepada daerah lainnya.

Program “Capacity Building dan Training of Trainer”yang diprakarsai oleh Balitbang Provinsi Riau dengan Pro Skill Indonesia tersebut dilakukan sebagai bagian dari pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SID) di Provinsi Riau.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyumas, kalangan akademisi, para relawan serta perwakilan dari Japan Tech Market Co., Yaw Wai Young. Selain itu hadir juga perwakilan dari Oriental Consultants Co., Jun Yamauchi, yang berencana untuk bekerja sama, baik dengan BPPT atau pemerintah daerah.

Dalam diskusi terbatas yang berlangsung, menghasilkan pertukaran informasi antara lain tentang potensi dan keterbatasan daerah, juga teknologi yang diperlukan oleh daerah, terutama Kabupaten Pelalawan. Diskusi diakhiri dengan pernyataan kesediaan para perwakilan dari Jepang untuk menindaklanjuti  hasil diskusi dengan pembicaraan lebih lanjut yang diharapkan menuju pada suatu kerjasama yang konkrit.

Dalam workshop tersebut para relawan yang hadir dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing membahas mengenai Klaster Industri dan Jaringan Inovasi Teknoprener, SID dan Tematik (Energi dan Air) serta Relawan Berinovasi.

Acara ditutup dengan penentuan ruang lingkup kegiatan Relawan Indonesia Berinovasi, yang terbagi dalam kegiatan penyediaan informasi di ruang publik dan pengelolaan sampah kota. (HK/ppkdt/humas)

 

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id