Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Pengembangan Teknoprener di Perguruan Tinggi Perlu Ditingkatkan

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. “Dua peran penting TIK, adalah sebagai “sektor/bidang industri” yang berkembang pesat di Indonesia dan sebagai “alat strategis” pengembangan bisnis, khususnya bisnis inovatif (teknoprener),” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Tatang A. Taufik, kala mewakili Kepala BPPT dalam National Economic Seminar (NDC NES) 2013, Bandung (7/10).

 

Selain menyampaikan beberapa hasil pengkajian dan penerapan TIK oleh BPPT, Tatang juga menjelaskan bagaimana peran BPPT dalam mendorongpengembangan teknoprener di Indonesia. Dalam paparannya yang berjudul “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Bisnis Inovatif (Teknoprener)”, Tatang mengungkapkan bagaimana pentingnya memperkuat peran perguruan tinggi  dalam mendorong tumbuh berkembangnya para teknoprener muda Indonesia.

“Jika 10-20% lulusan setiap tahun dari suatu perguruan tinggi (terutama bidang teknik dan ekonomi) adalah para teknoprener baru/pemula, maka perguruan tinggi yang bersangkutan akan berkontribusi signifkan dalam modernisasi bisnis dan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Bahkan kalau mencapai 20 persen, lanjutnya, dapat menjadikan perguruan tinggi tersebut menjadi lebih prestisius.”Jika alumni suatu universitas yang menjadi  teknoprener baru/pemula mencapai 20% dari total jumlah kelulusan per tahun maka bukan saja menjadi sumbangan yang signifikan,  tetapi juga akan merupakan prestasi luar biasa bagi perguruan tinggi tersebut dan menjadikannya sebagai perguruan tinggi yang prestisius,” imbuh Tatang.

Sebagai informasi Seminar yang ini bertema How Information Technology Become a Strategic Tool in Developing Entrepreneurship dan diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada hari Senin, 7 Oktober 2013 di Graha Sanusi Hardjadinata – UNPAD. (pkt/SYRA/humas) 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id