• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KEPALA BPPT RESMIKAN PLTMG PT. LANGGAM POWER DI PELALAWAN

“Pembangunan pembangkit listrik untuk mencukupi kebutuhan listrik di Pelalawan, tentu saja menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Pelalawan secara keseluruhan. Bila kita melihat kemajuan Kabupaten Pelalawan ini, maka sebetulnya Pelalawan ini bisa dikategorikan sebagai salah satu Kabupaten yang memenuhi kriteria Millennium Development Goals (MDGs) yang mestinya dicapai tahun 2015”.

Kepala BPPT, Marzan A Iskandar meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) PT. Langgam Power, launching PLTMG dengan kapasitas daya 15 Megawatt ditandai dengan menekan tombol sirene didampingi Bupati Pelalawan HM. Harris, Direktur PT. Langgam Power Lukman Situmorang, Manager PLN Wilayah Riau Kepri Djoko Raharjo dan Manager Navigate Energy Otsman Al Bouksumy, (25/10) Pelalawan.

Marzan menambahkan, “satu yang kita banggakan di Kabupaten Pelalawan ini adalah bahwa listrik yang dihasilkan dari PLTMG itu tidak sama sekali mengeluarkan emisi CO2, jadi kita menggunakan energi yang bersih bebas dari CO2. Terpenuhi kebutuhan energi itu satu hal, namun terpenuhi kebutuhan energi bersih itu menjadi cita-cita masyarakat global”.

Meskipun, tahap awal kapasitas daya yang dihasilkan oleh PLTMG baru 15 MW. Akan tetapi ini sebuah langkah maju. "Tadi saya kelapangan, pak bupati menyebutkan bakal melakukan penambahan daya lagi yakni dengan membangun pembangkit baru dengan kapasitas mencapai 50 MW. Jika hal ini terealisasi sudah barang tentu Pelalawan bisa mengekpor daya ke daerah lain,khususnya ke Pekanbaru" ujar Marzan.

Senada dengan Kepala BPPT, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan "Sekarang baru 15 MW arus daya listrik yang keluar, untuk pertengahan 2014 akan ditingkatkan menjadi 50 MW dan target kedepan hingga 2021 hingga 200 MW. Kita yakin ini akan bisa memenuhi seluruh kebutuhan listrik di Pelalawan. Sehingga Pelalawan Terang benar-benar dapat terwujud seperti yang diinginkan.

Pembangunan PLTMG PT. Langgam Power merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bulan april 2012 lalu dimana Kabupaten Pelalawan menjadi  menjadikan Kawasan ekonomi industri hilir  terpadu berbasis tekhnologi yakni Kawasan Tekhnopolitan. Oleh karena itu, untuk memenuhi program ini makanya didirikanlah PLTMG Langgam Power, tambah Harris”.

Sesaat sebelum meresmikan Kepala BPPT dan Bupati Pelalawan HM Harris bersama dan rombongan meninjau ke lapangan lokasi PLTG PT. Langgam Power. (Jp) 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT