• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

DORONG RPJMD KABUPATEN BANTAENG, BPPT BANTU PERKUAT IPTEKIN

”Visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Bantaeng adalah wilayah terkemuka berbasis kemandirian lokal yang bernafaskan nilai-nilai tradisional dan keagamaan. Sedangkan visi pembangunan jangka menengah tahun 2013-2018 adalah mewujudkan bantaeng sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dibagian selatan sulawesi selatan”. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin dalam acara Musyarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Bantaeng (30/12) di Bantaeng. 

Lebih lanjut dikatakan Yasin, salah satu strategi yang  dilakukan Bantaeng adalah dengan menjadikan BPPT sebagai mitra kerja. ”BPPT harus kita jadikan mitra kerja, terutama dalam meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan inovasi (iptekin) bagi pembangunan Bantaeng,” tegasnya.

Menyambut pernyataan tersebut, Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A Taufik mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Bantaeng sebagai Kabupaten Benih berbasis Teknologi, disarankan untuk melengkapi salah satu tujuan dari misi pembangunan Bantaeng, yakni dengan menggunakan pendekatan penguatan sistem inovasi. ”Dengan begitu maka rencana Kabupaten Bantaeng untuk menjadi Kabupaten Benih berbasis Teknologi, dapat cepat terwujud,” jelas Tatang.

Sementara itu pada kesempatan berbeda, Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah juga menegaskan pernyataan tentang pentingnya bekerjasama dengan BPPT. ”Terkait hal-hal teknis dalam mengembangkan dan menjalankan rencana pembangunan Bantaeng, meningkatkan kapasitas iptekin dengan menggandeng BPPT sebagai mitra kerja merupakan salah satu strategi yangn perlu dipakai”.

Harapannya dari Musrenbang tersebut, BPPT memberikan masukan penguatan sistem inovasi untuk penyusun RPJMD Kabupaten Bantaeng, tutup Nurdin.  

Berdasarkan pengalaman BPPT dalam mendampingi beberapa daerah, inovasi dapat berkembang secara optimal apabila dapat mengelola tiga hal, yakni perbedaan pendapat/gagasan, sumber daya manusia yang mumpuni, dan keterbukaan di antara pelaku-pelakunya. Selain itu, keberhasilan mengembangkan bisnis dan masyarakat yang inovatif akan sangat ditentukan oleh kualitas leadership (kepemimpinan) di berbagai tingkatan, baik kepala daerah, para kepala SKPD dan para pelaku bisnis sendiri.  Komitmen dan konsistensi semua pihak, untuk bersama-sama mau melakukan perubahan melalui terobosan dalam melaksanakan pembangunan, merupakan kunci keberhasilan seluruh prakarsa tersebut. (humas/atsul-pkt).


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT