Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

Kedeputian PKT-BPPT Rancang Program Penguatan Sistem Inovasi Untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah dan Penumbuhan Teknoprener

BPPT menggelar acara Pra Raker 2014 di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, pada tanggal 11-13 Februari. Di acara itu, masing-masing kedeputian di BPPT memaparkan program-program yang akan diajukan ke Raker sebagai upaya penguatan program BPPT dalam menghadapi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Deputi Kepala Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A. Taufik, mengatakan sesuai dengan visi BPPT sebagai pusat unggulan teknologi dengan mengutamakan kemitraan dan pemanfaatan hasil rekayasa teknologi secara maksimum, maka Kedeputian PKT mendapat tugas untuk menyusun program struktur Renstra BPPT tahun 2015-2019 dengan fokus pada Bidang Sistem Inovasi.

 

"Bidang Sistem Inovasi mendukung salah satu dari empat tujuan yang akan diusung oleh BPPT dalam RPJMN mendatang yaitu penguatan reformasi kebijakan inovasi (kebijakan IPTEKIN) dan percontohan nasional implementasi penguatan sistem inovasi di daerah otonom," kata Tatang, di sela acara pleno penutupan Pra Raker BPPT 2014, di Puspiptek, Tangsel, (13/2).

"Sasaran-sasaran strategis untuk mendukung tujuan di atas adalah meningkatnya penerapan perbaikan kebijakan inovasi (kebijakan IPTEKIN) di tingkat nasional; dan meningkatnya ekosistem inovasi daerah, klaster industri unggulan, jaringan inovasi, teknoprener, dan pemanfaatan hasil IPTEKIN di daerah otonom," jelas Tatang.

Untuk mengukur keberhasilan pencapaian sasaran-sasaran tersebut, ditetapkan indikator-indikator kinerjanya. "Indikator kinerja itu penting, terutama pada peningkatan jumlah rekomendasi kebijakan inovasi, referensi teknis, dan kajian strategis sistem inovasi yang dimanfaatkan untuk mendukung penguatan sistem inovasi nasional. Di samping itu pula jumlah percontohan daerah kreatif-inovatif, klaster industri unggulan, jaringan inovasi, pusat inovasi dan bisnis inovatif, serta intermediasi teknologi dan pelaksanaan audit teknologi, juga merupakan indikator penting dari penguatan sistem inovasi yang mendukung percepatan pembangunan daerah dan penumbuhan teknoprener," tutup Tatang. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id