Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

Ekosistem Inovasi Teknologi dan Inkubasi Bisnis Adalah Kunci Utama Tingkatkan Daya Saing

Indonesia terus berbenah untuk mengembangkan daya saing ekonomi nasional melalui Pembangunan Ekonomi Berbasis Teknologi (PEBT). BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi bergerak cepat menciptakan PEBT dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Menuju Kerangka Kebijakan Yang Tepat Untuk Membangun Ekosistem Inovasi Teknologi dan Inkubasi Bisnis, bersama dengan Ganesha Innovation Center,  Kemenristek Dikti dan Kementerian PPN/BAPPENAS.

 



Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan PEBT memerlukan inovasi yang dimulai dari perusahaan pemula yang didukung melalui pengembangan inkubator di Indonesia. Namun, bisnis inkubator masih memerlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh negara agar ekosistem inkubator terbentuk secara berkelanjutan.



"Ekosistem inkubator memerlukan sinergi, di antaranya kumpulan calon pengusaha yang memiliki hasil penelitian dari perguruan tinggi dengan produk yang mempunyai nilai komersial, investor untuk pendanaan tahap awal, dan platform untuk pengembangan industri yang dimulai dari budaya penelitian maupun kebijakan dan peraturan yang mempercepat pembentukan ekosistem inkubator," kata Unggul, di Ruang Komisi Utama, Gedung BPPT II, (19/03).



Senada dengan Kepala BPPT, Menteri Ristek dan Dikti M Nasir, mengatakan riset-riset yang dihasilkan oleh perguruan tinggi merupakan pendorong daya saing bangsa. Jadi, riset jangan hanya berlabuh di perpustakaan tapi harus dihilirkan atau dikomersialkan ke dunia usaha sehingga terciptanya ekosistem inkubator. 



"Selain itu, Presiden melalui Nawa Citanya akan membangun 100 Sains Teknopark sebagai pusat pengembangan sains, teknologi maju dan industri.Jadi Sains Teknopark merupakan langkah penting untuk membangun ekosistem inovasi dan hilirisasi ke dunia usaha atau industri," kata M Nasir.



Sementara Menteri PPN/BAPPENAS Andrianof Chaniago mengatakan bahwa Sains Teknopark merupakan langkah konkrit pemerintah dalam mensinergikan kekuatan antara pusat, daerah, perguruan tinggi dan pelaku bisnis dalam menciptakan ekosistem inovasi teknologi dan inkubator bisnis.



"Sekarang saatnya kita bangkit dan mulai berpikir bahwa inovasi merupakan langkah awal dari sebuah keunggulan daya saing. Saya yakin BPPT telah berpikir kearah sana dan kami (pembuat kebijakan) sangat mendukung dan berkomitmen tinggi untuk terus meningkatkan daya saing bangsa," tutup Andrianof. (SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id