Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Techno Park Kota Cimahi Pengembangan Industri Berbasis Inovasi Teknologi

 

Pengembangan Techno Park di Kota Cimahi menjadi salah satu ciri khas Penguatan Sistem Inovasi. Kota Cimahi memiliki sumberdaya alam terbatas, sehingga mengandalkan sumberdaya manusia (SDM) dengan kemampuan berinovasinya sebagai modal utama untuk meningkatkan perekonomian, dikatakan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Tatang A Taufik saat membuka kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program Techno Park Cimahi Tahun Pertama serta Penandatangan MoU  antara BPPT dan Universitas Pasundan Bandung dan BPPT dan STIE Ekuitas Bandung di Cimahi (15/12). 

Lebih lanjut Tatang mengatakan, “keberadaan techno park Cimahi yang dibangun dan dikembangkan bersama BPPT diharapkan dapat menjadi terobosan yang tepat bagi pembangunan Kota Cimahi.  Tujuan tidak lain untuk meningkatkan daya saing ekonomi dan kohesi sosial Kota Cimahi melalui pemanfaatan potensi unggulan daerah yang didukung oleh  ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi," ujarnya.

 

Tatang optimis, techno park ini bisa menjadi kawasan percontohan pengembangan techno park yang mampu memproduksi berbagai inovasi produk berdaya saing tinggi khususnya di bidang makanan minuman dan animasi serta industri kreatif inovatif yang lainnya. 

 

Kami akan terus mendampingi program Cimahi techno park ini agar bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah-daerah lain khususnya dalam pengembangan Industri berbasis inovasi teknologi, tambahnya.

 

Harapannya evaluasi kegiatan akhir tahun ini bisa diperoleh masukan-masukan konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan upaya pengembangan Cimahi techno park ini, tutup Tatang.  

 

Sementara itu Walikota Cimahi Atty Suharti mengatakan, kami sudah menjalin kerjasama yang sudah lama, bahkan  kami memiliki sistem inovasi daerah, ini tidak terlepas dari advokasi dari BPPT. 

 

Terkait capaian techno park dalam setahun. Atty mengatakan, dalam setahun perintisan techno park Kota Cimahi tahapan berlangsung lancar tidak ada hambatan yang berarti dalam mewujudkan master plan techno park di Kota Cimahi”. 

 

Atty menambahkan, “pembangunan techno park ini merupakan kebutuhan masyarakat, tentunya untuk menunjang pemberdayaan ekonomi di Kota Cimahi. Diharapankan kedepan di kota Cimahi akan berkembangnya wirausaha-wirausaha berbasis inovasi teknologi yang mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah serta menciptakan SDM berkualitas”.

 

Pada waktu  yang sama BPPT meneken kesepahaman antara Universitas Pasundan Bandung serta BPPT dan STIE Ekuitas Bandung dalam bidang pengembangan technopereneurship. (Humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id