Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

PI UMKM MEMBERI PENGHARGAAN PADA UMKM INOVATIF DAN INVENTOR

 


PI UMKM Awards 2009 diselenggarakan dengan tujuan agar terwujudnya peningkatan jumlah UMKM yang inovatif, terciptanya sinergi antara inventor dan wirausaha, baik itu mengembangkan teknologi atau menggabungkan berbagai teknologi yang sudah ada,‚ demikian antara lain dikatakan Kepala BPPT Marzan A. Iskandar dalam sambutannya pada acara puncak PI UMKM Awards 2009 yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PI UMKM) di Ruang Auditorium BPPT (20/11).

Lebih lanjut dikatakan Marzan, UMKM merupakan usaha yang dominan dalam roda perekonomian, dengan berkontribusi pada PDB sebesar 53,6% dan menciptakan lapangan kerja bagi 91,8 juta orang. ‚BPPT berkeinginan bahwa teknologi menjadi pendukung dalam kemajuan UMKM serta menjadi landasan dalam mengembangkan UMKM inovatif, tambahnya.

PI UMKM didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan suatu usaha, baik yang baru tumbuh ataupun yang sudah ada, dengan menggunakan sentuhan teknologi agar usaha tersebut dapat lebih berkembang dengan baik.

Ketua Panitia PI UMKM Awards 2009 Koento H. Baiquni menerangkan bahwa peserta awards merupakan hasil penyaringan dari 67 peserta yang mengikuti pelatihan pada 16-19 November 2009 di Kampus Universitas Indonesia Depok. ‚Dari 67 peserta pelatihan, panitia menyaring hingga 30 peserta yang terdiri dari 20 UMKM dan 10 inventor‚, ujarnya. Peserta pelatihan adalah perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta; Banten; Jawa Barat; Jawa Tengah; Jawa Timur; Daerah Istimewa Yogyakarta; Bali; Sulawesi Tengah; dan Kepulauan Riau.

Kriteria yang digunakan dalam menentukan pemenang menurut Kunto adalah berdasarkan kepada (1) Kriteria inovasi, (2) Kriteria Nilai Tambah, dan (3) Kriteria Peluang Pasar. ‚Dengan melihat business plan yang diberikan oleh peserta, panitia mampu memutuskan pemenang dari PI UMKM Awards ini‚, katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa yang diwakili Deputi Koordinasi Bidang Industri dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawadi menyampaikan bahwa dengan adanya UMKM sebagai pelaku ekonomi terbanyak di Indonesia, terbukti mampu menurunkan angka pengangguran dari 12% menjadi 8%. Hal ini menunjukkan UMKM memiliki peran yang cukup signifikan dalam perekonomian Indonesia. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian pemerintah dalam pemberdayaan UMKM, yaitu: (1) Peningkatan akses UMKM ke sumber daya pembiayaan, informasi dan teknologi, (2) Pengembangan kewirausahaan dan SDM, (3) Peningkatan peluang pasar produk UMKM dan (4) Regulatory reform.

Lebih lanjut Edy menambahkan bahwa dengan adanya Inpres nomor 6 tahun 2007 tetang percepatan pertumbuhan sektor riil dan pemberdayaan UMKM, menunjukkan keseriusan pemerintah untuk meningkatkan kinerja dan capaian sektor riil, terutama UMKM.

Bagus Heri Setiadji dari Surabaya dengan UMKM Maestro Stone Art nya yang bergerak di bidang industri kreatif terpilih menjadi Juara I, memperoleh hadiah sebesar 25 juta rupiah. Diikuti oleh Mira Rivai dari Bogor sebagai Juara II bidang industri kreatif dan Iskandar Muda peserta inventor bidang manufaktur dari Jakarta menjadi Juara III yang memperoleh hadiah sebesar 20 juta rupiah dan 15 juta rupiah. Sementara Juara Harapan I dan II diberikan kepada R.A. Riyanti Wulandari peserta UMKM bidang Agrobisnis dari Surakarta dan Gustav Nicholas Purnomo dari Rembang dengan UMKM bidang industri kreatifnya dan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar masing-masing 5 juta rupiah. (humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id