Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PI-UMKM MEMBERIKAN LAYANAN TERPADU MELALUI PORTAL DAN VIRTUAL MARKET PLACE

‚Portal PI-UMKM dibangun untuk menyediakan informasi yang lebih terintegrasi untuk UMKM, antara lain informasi teknologi, akses pasar dan akses pembiayaan'‚, demikian antara lain dikatakan Direktur Pusat Pengkajian Kebijakan Peningkatan Daya Saing BPPT Dharmawan saat memberi kata sambutan pada Pelatihan Pengoperasian Portal PI-UMKM dan Website Virtual Market Place (VMP) di BPPT (17/11).

Menurutnya, sarana pendukung PI-UMKM terdiri dari portal dan Virtual Market Place ini bisa mempercepat tumbuhnya UMKM Inovatif dan tentunya akan menciptakan daya saing UMKM yang lebih baik. ‚Pemanfaatan Information and Communication Technologies (ICT) sangat diperlukan dalam kegiatan bisnis UMKM, dengan adanya portal PI UMKM dan website VMP ini, dapat membantu menginformasikan hasil-hasil yang telah dicapai oleh UMKM kepada masyarakat umum. Virtual Market Place yang dikembangkan dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk UMKM melalui dunia maya sehingga setiap saat UMKM bisa meng-update data-data yang terkait dengan UMKM inovatif. Di lain pihak, masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai produk dan jasa UMKM inovatif.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari (16-17 November 2009) diselenggarakan oleh PI-UMKM diikuti oleh 16 Lembaga Intermediasi (LI) sebagai mitra PI-UMKM, yang berperan sebagai ujung tombak kegiatan PI-UMKM dalam menumbuhkembangkan program UMKM inovatif. Melalui penggunaan portal dan website PI-UMKM, diharapkan akan mempermudah LI dalam melakukan pelayanan. Selain itu, juga sebagai media interaksi antar LI untuk dapat saling memberi informasi tentang perkembangan UMKM di daerahnya masing-masing.

Berbicara mengenai peranan PI-UMKM dalam mengarahkan LI, Dharmawan menjelaskan, ‚Menjadi tugas kita, melalui Lembaga Intermediasi, UMKM-UMKM yang belum melek teknologi akan ditingkatkan kapasitas dan pengetahuannya dalam penggunaan IT untuk kemajuan usahanya. Misalnya pada saat Soft Launching Portal PI-UMKM di Yogyakarta beberapa waktu lalu, kami mengadakan workshop tentang pengembangan industri kreatif serta penerapan telecenter di Desa Imogiri Yogyakarta. Telecenter ini sudah beroperasi dan merupakan media IT untuk memberdayakan UMKM dalam pemanfaatan IT untuk menunjang UMKM industri kreatif setempat‚.

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta pelatihan Aas Rohmat dari Pusat Pengembangan Kewirausahaan Universitas Sebelas Maret Surakarta mengatakan, ‚Ada tiga manfaat yang dapat diambil dengan adanya pelatihan yang diberikan PI-UMKM kepada LI, yang pertama, jaringan kami menjadi luas, bahwa kita bisa bertemu dengan LI lain yang selama ini kami tahu jumlahnya adalah 16 tapi tidak tahu orang-orangnya. Yang kedua, kami punya inkubator yang selama ini kurang berkembang dan dengan adanya Virtual Market Place maka dapat membantu UMKM untuk memasarkan produk atau jasanya. Kemudian yang ketiga, melalui portal dan website ini, akan terjalin hubungan kerjasama yang baik antara PI-UMKM dengan UMKM maupun antara kami sebagai LI dengan UMKM. Terjalin komunikasi diantara PI-UMKM, LI dan UMKM terutama dalam hal informasi baik itu pembiayaan, pendampingan maupun teknologi, maka akan lebih bersinergi. (humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id